Atap Roboh Sebabkan Satu Siswa SD Tewas, Muhadjir Wanti-Wanti Hal Ini

Pembangunan SD Muhammadiyah Bogor, Playen segera dilakukan

Jakarta, IDN Times- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, meminta semua sekolah menerapkan standar dalam pembangunan gedung.

Hal itu disampaikannya usai mengecek SD Muhammadiyah Bogor, Playen, Gunungkidul yang atap ruang kelasnya roboh dan menewaskan satu murid.

"Pembangunan gedung tolong harus betul-betul melibatkan tim ahlinya. Jangan membangun sendiri (tidak melibatkan ahli), harus betul-betul sesuai standar bangunan," kata Muhadjir di SD Muhammadiyah Bogor, Playen, Gunungkidul, Senin (14/11/2022) petang.

1. Acuan standar dalam pembangunan sekolah bertujuan untuk keamanan

Atap Roboh Sebabkan Satu Siswa SD Tewas, Muhadjir Wanti-Wanti Hal IniIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Dilansir laman resmi Kemenko PMK, Muhadjir menyatakan belasungkawa atas kejadian menyedihkan itu. Dan mengharapkan kejadian serupa bisa dicegah melalui perencanaan yang sesuai standar.

Ia melanjutkan, acuan standar dalam pembangunan sekolah bertujuan untuk keamanan. Seperti halnya jika bangunan sekolah berada di daerah rawan gempa maka harus mengacu standar bangunan tahan gempa.

"Seperti di wilayah gempa, kan sudah ditetapkan standar bangunan khusus gempa," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Selidiki Penyebab Atap SD Muhammadiyah Gunungkidul Runtuh

2. Muhadjir memastikan pembangunan atap SD Muhammadiyah Bogor segera dilakukan

Atap Roboh Sebabkan Satu Siswa SD Tewas, Muhadjir Wanti-Wanti Hal IniAtap SD Muhammadiyah Bogor, Playen, Gunungkidul, yang roboh dan menewaskan seorang siswa. (Dok. Muhammadiyah)

Terlepas dari hal itu, Muhadjir memastikan pembangunan atap SD Muhammadiyah Bogor, Playen segera dilakukan. Ia menyebut, Kemensos RI hingga Pemkab Gunungkidul bakal ikut andil dalam perbaikan konstruksi atap SD tersebut.

"Saya sudah minta untuk segera diperbaiki. Tadi ada bantuan dari Bu Mensos memberikan santunan kepada para korban, dan akan dibantu juga untuk biaya pemulihan atapnya oleh Pak Bupati (Gunungkidul) nanti diambilkan dari APBD," ucap Muhadjir.

3. Adanya SD penting untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang unggul

Atap Roboh Sebabkan Satu Siswa SD Tewas, Muhadjir Wanti-Wanti Hal IniIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Menurutnya, keberadaan SD sangatlah penting untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Apalagi, jika anak-anak cerdas berdampak pada majunya masyarakat di wilayah tersebut.

"Karena ini (SD) kan untuk mencerdaskan anak-anak Gunungkidul, kalau sekolah maju masyarakatnya kan maju juga," katanya.

 

Baca Juga: Atap Ruang Kelas SDN 3 Kukuh di Tabanan Ambruk Diguyur Hujan

4. Ratusan murid menjalani trauma healing pascatragedi ambruknya atap

Atap Roboh Sebabkan Satu Siswa SD Tewas, Muhadjir Wanti-Wanti Hal IniIlustrasi trauma healing. IDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyebut, bahwa pihaknya siap membantu perbaikan SD tersebut. Bahkan, pagi tadi sudah dilakukan trauma healing bagi ratusan murid di Balai Kalurahan Playen.

"Itu pasti, kami akan bantu untuk perbaikan kerusakannya," ucapnya.

Saat ini, ratusan murid SD Muhammadiyah Bogor, Playen Gunungkidul menjalani trauma healing pascatragedi ambruknya atap SD yang menewaskan satu murid hari Selasa (8/11/2022) lalu. Pasalnya beberapa murid trauma hingga takut untuk masuk sekolah lagi.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya