Badan Kehormatan DPRD DKI Sepakat Cinta Mega Langgar Kode Etik

Anggota Dewan seharusnya beri contoh baik

Jakarta, IDN Times - Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta sepakat dengan DPD Fraksi PDI Perjuangan yang menyatakan Anggota DPRD DKI Fraksi, Cinta Mega, melanggar kode etik karena bermain game saat rapat paripurna.

Ketua Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta Ahmad Nawawi mengatakan pihaknya sudah menggelar rapat internal yang diikuti sembilan fraksi untuk membahas laporan masyarakat terkait perbuatan Cinta Mega saat rapat paripurna yang saat ini viral.

"Sembilan fraksi sepakat, karena kebetulan partai (PDIP) sudah mengambil langkahnya, sehingga itu meringankan (kerja) Badan Kehormatan," ujar Nawawi di kantor Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta, Rabu (26/7/2023).

1. DPD PDIP sudah berhentikan Cinta Mega

Badan Kehormatan DPRD DKI Sepakat Cinta Mega Langgar Kode EtikKetua Badan Kehormatan DPRD DKI Jakarta l, Ahmad Nawawi memberikan penjelasan nasib Anggota DPRD DKI Cinta Mega di Gedung DPRD, Rabu (26/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Nawawi mengatakan berdasarkan penjelasan salah satu anggota BK yang juga dari Fraksi PDIP yakni Rasyidi, Cinta Mega sudah mendapatkan sanksi dari DPD PDIP.

"Ternyata tadi malam PDIP telah rapat dan memberhentikan saudara Cinta Mega dari anggota DPRD, dan sedang proses PAW. Oleh karena itu, kita sepakat semua, (proses) Badan Kehormatan selesai jadi kita tidak melanjutkan dan disepakati," katanya.

Baca Juga: KPI Laporkan Cinta Mega ke Badan Kehormatan DPRD DKI 

2. Aksi Cinta Mega tidak etis

Badan Kehormatan DPRD DKI Sepakat Cinta Mega Langgar Kode EtikViral anggota DPRD DKI Jakarta main game slot saat Rapur/dok YouTube DPRD DKI Jakarta

Nawawi menyayangkan terjadinya hal tersebut, karena dalam kode etik dan sumpah jabatan dari Anggota DPRD DKI Jakarta, pada pasal 5 poin i kode etik DPRD DKI yakni bersikap sopan dan santun serta senantiasa menjaga ketertiban pada setiap rapat DPRD.

"Mestinya setiap anggota dewan bisa menjaga marwah dan martabat lembaga dengan bersikap dan berperilaku baik dan tidak memberi contoh yang tidak etis," ujarnya.

3. BK akan bersurat ke tiap fraksi

Badan Kehormatan DPRD DKI Sepakat Cinta Mega Langgar Kode EtikKetua KPI DKI Jakarta Sapto Wibowo Sutanto melaporkan anggota DPRD DKI Cinta Mega ke Badan Kehormatan di Gedung DPRD, Rabu (26/7/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Nawawi menambahkan BK mengimbau pada anggota masing-masing fraksi agar memenuhi kewajiban selama bertugas di DPRD DKI Jakarta.

"Ketua BK akan bersurat ke masing-masing fraksi mengingatkan lagi agar hal-hal seperti ini tidak terjadi, termasuk hak dan kewajiban yang harus dipenuhi selama mereka bertugas terutama saat rapat seperti itu," imbaunya.

Baca Juga: Diduga Main Slot Anggota DPRD Cinta Mega Terancam Dilaporkan ke Polisi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya