Bank DKI Kenalkan Jakarta Tourist Pass Keliling Tempat Wisata Jakarta

Upaya digitalisasi berbagai bidang

Jakarta, IDN Times - Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard yang berfungsi sebagai kartu uang elektronik pada berbagai moda transportasi DKI Jakarta, termasuk tiket masuk sejumlah museum dan tempat wisata di Jakarta, seperti Monas, Taman Margasatwa Ragunan, dan Ancol.

"Untuk mendukung pariwisata di Kota Jakarta, Bank DKI berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkenalkan solusi digital, Jakarta Tourist Pass," ujar Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/1/2024).

1. Akses transportasi sampai wisata

Bank DKI Kenalkan Jakarta Tourist Pass Keliling Tempat Wisata JakartaPeluncuran 26 bus listrik Transjakarta di Monas, Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dia mengatakan kartu ini berbasis elektronik/e-money (JakCard Bank DKI) dan dompet elektronik/e-wallet (JakOne Pay Bank DKI) yang dibuat demi memudahkan para wisatawan mengakses destinasi populer, transportasi, dan layanan pariwisata lainnya di kota Jakarta. 

Jakarta Tourist Pass - JakOne Pay memiliki sejumlah fitur yakni Maps, yang menyajikan daftar lokasi destinasi wisata. Selanjutnya fitur Event, yang digunakan sebagai sumber referensi terkait lokasi, waktu dan harga tiket destinasi wisata di Jakarta.

“Kami berharap inisiatif-inisiatif yang dilakukan Bank DKI dapat disambut baik dan berdampak positif terhadap peningkatan inklusi keuangan di Indonesia,” ujar Arie.

Baca Juga: JakCard Bisa Top Up di Tokopedia, Langsung Diskon Rp26 Ribu

2. Digitalisasi UMKM

Bank DKI Kenalkan Jakarta Tourist Pass Keliling Tempat Wisata JakartaPemprov DKI Gandeng. Bank DKI luncurkan Jakarta Tourist Pass/dok Pemprov dki

Selain itu pihaknya mengembangkan JakOne Abank bagi para pelaku UMKM, layanan digital lain seperti Cash Management System, maupun aplikasi pengajuan kredit secara online dengan aplikasi JakLoan.

"Layanan digital unggulan yang telah dapat dinikmati oleh seluruh nasabah Bank DKI, yaitu super apps JakOne Mobile Bank DKI. Aplikasi ini bisa memberikan layanan digital antara lain pembukaan rekening secara online, transfer antar rekening, scan QRIS, pembayaran berbagai tagihan dan belanja, hingga Zakat dan Donasi," ucapnya.

 

Baca Juga: Wow! Transaksi QRIS JakOne Mobile Bank DKI Tumbuh 742 Persen 

3. Bank DKI gandeng dua Perguruan Tinggi

Bank DKI Kenalkan Jakarta Tourist Pass Keliling Tempat Wisata JakartaBank DKI gandeng perguruan tinggi/dok Bank DKI

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono menambahkan Bank DKI juga memperluas layanan finansial dengan memaksimalkan potensi digital untuk menghadirkan kemudahan transaksi kepada nasabah, khususnya pada sektor pendidikan. 

Untuk itu Bank DKI menggandeng dua perguruan tinggi demi memperluas layanan perbankan dan pendidikan khususnya bagi mahasiswa untuk mendalami ekosistem keuangan.

"Diharapkan kolaborasi yang terjalin dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (FEB Unpad) dan Politeknik STIA LAN dapat memperluas ekosistem keuangan Bank DKI di sektor pendidikan," katanya

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya