Basuki Hadimuljono: Hardiknas Momentum Generasi Muda Lebih Baik

Generasi muda jaga keberlangsungan SDA

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei menjadi momentum generasi muda untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.

"Generasi muda bisa berkontribusi dalam banyak hal termasuk menjaga keberlangsungan sumber daya air," ujar Basuki melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/4/2024).

Baca Juga: 'Jeritan' Guru SLB Majalengka pada Peringatan Hardiknas

1. Air sumber kehidupan utama

Basuki Hadimuljono: Hardiknas Momentum Generasi Muda Lebih BaikPetugas dari Damkar Ngawi menyemprotkan air ke-rumah yang terbakar/ IDN Times/ Riyanto

Basuki mengatakan, air merupakan sumber kehidupan utama manusia sehingga kualitasnya harus tetap dijaga. Edukasi air sejak dini pun penting dilakukan. Edukasi air meliputi pengelolaan air secara berkelanjutan terutama dalam menghadapi perubahan iklim.

“Generasi muda bisa berdiskusi dengan para pemangku kepentingan untuk membahas sumber daya air dan solusi untuk menjaga air bersih" kata Basuki.

Baca Juga: Layanan RSUD Jakarta Lamban, Ketua DPRD: Banyak Warga Jadi Korban

2. WWF forum lintas batas keairan

Basuki Hadimuljono: Hardiknas Momentum Generasi Muda Lebih BaikWorld Water Forum ke-10. (dok. WWF Pedia)

Pengelolaan sumber daya air berkelanjutan, lanjut Basuki, sejalan dengan tema World Water Forum ke-10 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 18 sampai 25 Mei 2024. 

"Kegiatan ini merupakan forum lintas batas keairan terbesar di dunia," katanya.

Baca Juga: Air Sungai Cibereum Lebak, Warga Mengungsi

3. Cinta Laura ajak generasi muda kontribusi nyata

Basuki Hadimuljono: Hardiknas Momentum Generasi Muda Lebih Baikpotret Cinta Laura di acara Netflix Indonesia (instagram.com/claurakiehl)

Sementara, Duta Komunikasi World Water Forum ke-10, Cinta Laura, mengatakan, generasi muda dapat berkontribusi secara nyata dalam menjaga ketahanan sumber daya air dari hal paling sederhana. Misalnya dengan bijak memanfaatkan air dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu generasi muda bisa memanfaatkan  berbagai saluran komunikasi dan teknologi untuk menyebarkan pesan tentang konservasi air bersih, sanitasi, dan mitigasi bencana.

"Komitmen Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum ke-10 sangat jelas mengingat kerentanan negara terhadap bencana alam seperti banjir dan kekeringan yang diperparah oleh perubahan iklim," ujarnya.

"Saya ingin memberikan apresiasi atas pendekatan proaktif Indonesia dalam mengatasi masalah-masalah mendesak ini di platform global," imbuh Cinta 

Baca Juga: Robi Menilai Air Minum di Indonesia Dikuasai Swasta

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya