Berantas Calo, Pengelola Terminal Kalideres Gandeng Polisi Sampai BIN

Praktik calo menjamur jelang Lebaran

Jakarta, IDN Times - Pengelola Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat, akan menggandeng kepolisian hingga Badan Intelejen Negara (BIN) untuk menangkal praktik calo tiket di terminal bus tersebut jelang mudik lebaran.

Kepala Terminal (Kater) Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnaen mengatakan, kerja sama dengan kepolisian dan BIN untuk mencegah praktik calo di terminal yang kian meresahkan.

“Keberadaan calo tiket bus sangat meresahkan karena merugikan pihak pembeli tiket maupun perusahaan otobus (PO),” ujar Revi dalam keterangannya, Minggu (26/3/2023).

1. Oknum calo jual tiket dengan harga lebih tinggi

Berantas Calo, Pengelola Terminal Kalideres Gandeng Polisi Sampai BINPemudik memenuhi ruang tunggu keberangkatan bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (27/4/2022). Puncak mudik Terminal Kalideres diprediksi terjadi pada H-3 Lebaran 2022 atau Jumat (29/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Revi mengatakan kerja sama sangat penting, karena oknum calo biasanya mulai beroperasi sejak Ramadan hingga lebaran dan menjual tiket dengan harga yang lebih tinggi dari harga yang ditetapkan perusahaan otobus.

"Apalagi perusahaan otobus juga tidak mendapatkan untung dari hasil penjualan tiket tersebut," ungkapnya.

 

Baca Juga: Heboh Kabar Ada Calo Tiket Kereta, KAI: Kami Jamin Gak Ada Celah!

2. Petugas akan lakukan monitoring di terminal

Berantas Calo, Pengelola Terminal Kalideres Gandeng Polisi Sampai BINSejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatan di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (20/4/2022). (ANTARA FOTO/Fauzan/tom.)

Sebagai bentuk pengawasan di lapangan, sambung Revi, nantinya petugas akan melakukan penjagaan dan monitoring dengan melakukan pencarian terhadap oknum bus yang beraktivitas di Terminal Kalideres.

"Kami juga akan membuka posko pengaduan bagi pengunjung agar bisa membantu melaporkan ke petugas," katanya.

3. Calon penumpang diimbau segera lapor jika temukan praktik calo

Berantas Calo, Pengelola Terminal Kalideres Gandeng Polisi Sampai BINPemudik menurunkan barang bawaannya sebelum menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (28/4/2022). Pemudik terus berdatangan ke Terminal Kalideres yang puncaknya akan terjadi pada H-3 Lebaran 2022 atau Jumat (29/4). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Untuk itu, dia mengimbau jika calon penumpang menemukan praktik calo bus di terminal agar segera lapor petugas dan selanjutnya dibawa ke Polsek Kalideres untuk diproses hukum.

“Dengan upaya ini kami berharap kondisi Terminal Kalideres tetap kondusif dan aman sehingga arus mudik dan balik lebaran tahun ini juga lancar,”ujarnya.

 

Baca Juga: Daftar 11 Ruas Tol Gratis Buat Mudik Lebaran 2023, Catat ya!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya