Comscore Tracker

Bocoran Materi Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru 2021

Materi soal berbeda dengan materi soal SKB pada Seleksi CPNS

Jakarta, IDN Times - Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Katmoko Ari Sambodo membeberkan materi seleksi kompetensi yang akan diujikan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional (JF) Non-Guru.

Dia mengatakan materi PPPK JF tidak berbeda dengan yang akan diujikan untuk PPPK Guru.

"Materi soal kompetensi teknis akan menguji dan menilai mengenai penguasaan pengetahuan, keterampilan, serta sikap dan perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan. Adapun soal kompetensi teknis ini sesuai dengan masing-masing jabatan yang dilamar," ujarnya dikutip laman resmi menpan.go.id, Senin (13/9/2021).

1. Materi soal berbeda dengan SKB pada seleksi CPNS

Bocoran Materi Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru 2021Ilustrasi tes CPNS (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sebagai contoh, arsiparis ahli pertama akan menghadapi soal-soal kearsipan. Begitu juga dengan pranata humas, soal yang akan dihadapi adalah soal kehumasan.

“Walaupun demikian, materi soalnya akan berbeda dengan materi soal SKB pada Seleksi CPNS, karena sasaran yang dituju untuk PPPK berbeda dengan CPNS,” ungkap Ari

Baca Juga: Ini Nilai Ambang Batas Seleksi PPPK Jabatan Fungsional Non-Guru 2021

2. Materi kompetensi manajerial sampai sosial

Bocoran Materi Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru 2021Ilustrasi tes SKD CPNS (ANTARA FOTO)

Sedangkan, kompetensi manajerial akan menilai mengenai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku dalam berorganisasi.

Pengamatan, pengukuran, dan pengembangan kompetensi manajerial terkait dengan dengan delapan hal, yakni integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, dan pengambilan keputusan.

Materi soal kompetensi sosial kultural terdiri dari empat, yakni kepekaan terhadap perbedaan budaya, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik, dan empati.

3. Pelaksanaan seleksi kompetensi teknis bagi PPPK JF Non-Guru menggunakan metode CAT

Bocoran Materi Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru 2021Ilustrasi peserta tes tertulis berbasis CAT. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Ari menegaskan keempat materi tersebut akan menilai terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk yang harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan sebagai perekat bangsa.

"Terhadap soal wawancara, peserta akan dinilai dua hal. Pertama, integritas, dan kedua, moralitas," imbuhnya.

Pelaksanaan seleksi kompetensi teknis bagi PPPK JF Non-Guru akan dilaksanakan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Terkait jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK JF, akan diinformasikan kemudian

Baca Juga: Ini Nilai Ambang Batas Seleksi PPPK Jabatan Fungsional Non-Guru 2021

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya