Boyong ke Jakarta, Mensos Risma Sembari Cek Daerah yang Perlu Bantuan

Risma persiapan boyongan dari Surabaya ke Jakarta

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini memastikan akan kembali ke Jakarta dan mulai bekerja pada Senin (28/12/2020). Menteri yang akrab disapa Risma, saat ini masih berada di Surabaya dan akan bertolak ke Jakarta pada Minggu (27/12/2020).

Risma menuju Jakarta lebih memilih melalui jalur darat, alasannya karena ia bisa berhenti kapan pun, termasuk untuk turun ke desa-desa mengecek langsung desa mana yang memerlukan bantuan langsung dari Kemensos.

“Sekalian melakukan pengecekan pada daerah-daerah yang memerlukan bantuan,” kata Risma dalam siaran tertulis, Sabtu 26 Desember 2020.

Baca Juga: ICW: Risma Harus Mundur Sebagai Menteri atau Wali Kota Surabaya

1. Risma berbenah selama long weekend untuk persiapan boyong ke Jakarta

Boyong ke Jakarta, Mensos Risma Sembari Cek Daerah yang Perlu BantuanTri Rismaharini (Instagram.com/tri.rismaharini)

Risma mengungkapkan penunjukan sebagai pembantu Presiden yang prosesnya serba cepat, membuatnya tidak ada persiapan.

Sehingga saat akhir pekan dan libur Hari Raya Natal, ia manfaatkan untuk berbenah dan menyiapkan segala keperluan pendukung tugasnya di Jakarta, termasuk pakaiannya.

2. Risma belum persiapkan diri boyong ke Jakarta

Boyong ke Jakarta, Mensos Risma Sembari Cek Daerah yang Perlu BantuanPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Risma mengaku belum mempersiapkan diri dengan cukup untuk boyongan ke DKI Jakarta, untuk memulai tugas sebagai Menteri Sosial.

“Waktu dipanggil oleh Presiden Joko Widodo kemarin, saya belum ada persiapan. Maka dari itu ini balik ke Surabaya, untuk 'bersih-bersih' dan bawa keperluan saat kerja di sana,” kata dia.

3. Risma akan tuntaskan program bansos

Boyong ke Jakarta, Mensos Risma Sembari Cek Daerah yang Perlu BantuanIlustrasi Bantuan Sosial (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma bersama lima menteri lainnya dilantik Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). Risma mengingatkan, penanganan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) bukan pekerjaan mudah. Seperti yang dilakukan sebagai Wali Kota Surabaya dalam menangani berbagai jenis PPKS seperti gelandangan, pengemis, pengamen, ataupun prostitusi.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Risma mendapat pesan agar dirinya menuntaskan penyaluran bantuan sosial atau bansos, baik pada akhir 2020 maupun awal 2021, dan juga pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Realisasi anggaran awal tahun itu penting untuk mengerakkan roda perekonomian,” pesan Jokowi pada Risma.

Baca Juga: Kemendagri: Risma Otomatis Diberhentikan Jadi Wali Kota Surabaya 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya