[BREAKING] Kasus Omicron Pertama Ditemukan, Dari Mana Asalnya?

Penjelasan Menkes Budi soal asal kasus Omicron 

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan satu pasien terkonfirmasi positif varian COVID-19 Omicron tidak memiliki riwayat bepergian dari luar negeri.

"Tapi kita belajar dari Hong Kong memang terjadi juga seperti ini, karena dia melayani pasien akibatnya dia tertular," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12/2021).

Budi menjelaskan, pasien yang positif Omicron juga tinggal di RS Wisma Atlet, yang juga menjadi tempat isolasi untuk pasien COVID-19. Menurutnya, sampai saat ini belum ada penularan level transmisi komunitas.

"1 kasus dan 5 probable Omicron terjadi di karantina," ujar Budi.

Kementerian Kesehatan menemukan satu pasien terkonfirmasi varian Omicron yang merupakan pekerja pembersih dari Rumah Sakit Wisma Atlet. Kasus positif Imicron ini terdeteksi pada 15 Desember 2021.

Selain satu kasus positif, Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron.

"Jadi belum pasti Omicron, tetapi karena kita melakukan tes PCR dengan spesifikasi yang khusus kita deteksi 5 kasus yang probable Omicron," katanya.

Budi menerangkan, 5 kasus probable tersebut berasal dari 2 warga Indonesia yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris. Sementara, 3 kasus probable Omicron terdeteksi merupakan warga negara asing asal China yang datang ke Manado. 

"3 kasus probable lain adalah warga negara asing dari Tiongkok yang datang ke Manado, sekarang di isolasi karantina Manado," terang Budi.

Baca Juga: [BREAKING] Epidemiolog: Sebaran Omicron Tinggal Menunggu Waktu

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya