[BREAKING] Menlu: Total Ada 285 WNI dari Wuhan yang Jalani Observasi

42 tim penjemput WNI dari Wuhan turut diobservasi 14 hari

Jakarta IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo telah memimpin rapat terbatas di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (2/2).

Dalam ratas tersebut ada beberapa hal yang dibahas termasuk kedatangan WNI dari Wuhan, Tiongkok.

"Alhamdulillah total 243 orang termasuk di antaranya 5 orang tim yang dipulangkan dari Wuhan telah tiba dengan selamat," ujar Retno saat jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Retno menambahkan WNI yang dijemput dari Wuhan tersebut akan menjalani masa observasi selama 14 hari.

"Observasi ini juga akan dilakukan oleh 42 tim penjemput WNI dari Wuhan sehingga total orang yang menjalankan observasi adalah 285 orang. Alhamdulilah saat ini mereka dalam kondisi sehat," katanya.

Menurut Retno, tes kesehatan sebelum berangkat dari Provinsi Hubei dilakukan oleh dua pihak. Pertama oleh Pemerintah Tiongkok, lalu selanjutnya oleh tim medis RI.

Dalam jumpa pers tersebut turut mendampingi Menlu Retno, antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PMK Muhadjir Effendy, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Sebanyak tujuh dari 245 WNI batal dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok. Empat orang tidak bersedia dipulangkan ke tanah air dan tiga lainnya tidak lolos screening kesehatan. Sehingga hanya 238 orang yang berhasil dievakuasi dari negeri Tirai Bambu.

Sebanyak 238 WNI itu tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB, menggunakan pesawat Batik Air. Mereka keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: [BREAKING] WNI dari Wuhan di Batam Langsung Diterbangkan ke Natuna

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya