[BREAKING] Turis yang Pernah ke Tiongkok Dilarang Masuk ke Indonesia

Pendatang tidak diizinkan masuk dan transit sementara

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan semua turis yang memiliki riwayat bepergian di Tiongkok untuk sementara tidak izinkan masuk ke wilayah Indonesia.

"Semua pendatang dari Tiongkok dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia," ujar Retno dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2).

Selain itu, kebijakan pemberian fasilitas visa kunjungan dan Visa On Travel untuk warga negara Tiongkok yang bertempat tinggal di Tiongkok untuk sementara dihentikan.

Retno juga mengungkapkan 243 WNI yang berada di Wuhan termasuk 5 orang tim telah tiba dengan selamat. Mereka akan menjalani masa observasi selama 14 hari.

"Observasi ini juga akan dilakukan oleh 42 tim penjemput WNI dari Wuhan sehingga total orang yang menjalankan observasi adalah 285 orang, Alhamdulilah saat ini mereka dalam kondisi sehat," katanya.

Sebanyak tujuh dari 245 WNI batal dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok. Empat orang tidak bersedia dipulangkan ke tanah air dan tiga lainnya tidak lolos screening kesehatan. Sehingga hanya 238 orang yang berhasil dievakuasi dari negeri Tirai Bambu.

Sebanyak 238 WNI itu tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2) sekitar pukul 08.30 WIB, menggunakan pesawat Batik Air. Mereka keluar dari pesawat sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: [FOTO] Ratusan WNI Mulai Tinggalkan Wuhan Menuju Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya