BUMD Dharma Jaya Targetkan jadi Sentra Hewani di DKI, Buka Tiga Gerai

Jadi pusat informasi isu strategis daging di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Dharma Jaya menargetkan menjadi sentra protein hewani di Jakarta, di tengah upayanya melakukan transformasi bisnis inti.

Untuk itu, BUMD ini akan bekerja sama dengan ritel modern untuk mendistribusikan daging dengan harga terjangkau. Perumda Dharma Jaya akan menambah tiga gerai daging baru di ritel modern, yang akan beroperasi pada September dan Oktober 2023.

"Tidak hanya memperluas pemasaran dan jangkauan produk pangan hewani di masyarakat, dengan penambahan gerai daging yang baru ini, kita juga dapat meningkatkan bisnis komersial perusahaan,” kata Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman dalam keterangan tertulis, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: Pemprov Jabar Perpanjang Status Darurat Sampah Bandung Raya

1. Fokus peningkatan bisnis komersial

BUMD Dharma Jaya Targetkan jadi Sentra Hewani di DKI, Buka Tiga GeraiDharma Jaya Jakarta targetkan jadi sentra hewani/dok

Dia mengatakan, kerja sama dengan ritel modern seperti Transmart merupakan upaya memperluas pemasaran produk pangan hewani di tengah-tengah masyarakat. 

"Dengan begitu, transformasi bisnis inti yang fokus pada peningkatan bisnis komersial dapat tercapai," ujarnya.

2. Pembukaan gerai melihat permintaan yang tinggi

BUMD Dharma Jaya Targetkan jadi Sentra Hewani di DKI, Buka Tiga GeraiDharma Jaya Targetkan jadi sentra hewani/ dok Dharma Jaya

Perumda Dharma Jaya sudah memiliki total tujuh gerai daging di Transmart. Empat lainnya sudah beroperasi di Transmart Mall Kota Kasabalanka, Mall Central Park, Cempaka Putih dan Buaran Plaza.

Empat gerai daging yang sudah beroperasi menyediakan berbagai jenis daging segar dengan harga yang terjangkau. Sedangkan di tiga gerai daging baru, selain menjual daging segar,  juga akan menambah varian produk daging sapi, ayam, ikan dengan lengkap. 

“Perumda Dharma Jaya akan membuka gerai daging di seluruh Transmart yang ada di Jakarta. Namun untuk saat ini gerai-gerai baru akan diprioritaskan dibuka di lokasi yang permintaan tinggi dan lokasinya strategis," bebernya.

3. Pusat informasi isu strategis daging

BUMD Dharma Jaya Targetkan jadi Sentra Hewani di DKI, Buka Tiga GeraiWarga membeli daging sapi di pasar tradisional Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Aceh, Senin (17/4/2023). Pedagang menyatakan, harga daging sapi menjelang lebaran di daerah itu mulai naik dari harga Rp145.000 per kg menjadi Rp150.000 per kg. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Perumda Dharma Jaya tidak hanya melayani masyarakat Jakarta dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani, tetapi juga bisa menjadi pusat informasi isu strategis daging yang dapat memantau pergerakan harga, kebutuhan dan pasokan daging baik di Jakarta maupun nasional.

Saat ini ada sekitar lebih dari 10 perusahaan pelaku industri perdagingan atau para penggiat bisnis protein hewani (daging sapi, ayam dan ikan) yang sudah bermarkas di Perumda Dharma Jaya.

“Karena mereka ambil dan menitipkan barang di sini. Transaksi jual belinya juga di sini,” ujar Raditya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya