Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Gubernur Anies Swafoto Tersenyum di Tengah Banjir 

Masa sih Pak Anies lagi banjir malah cengar-cengir? #hoaks

Jakarta, IDN Times - Sebuah foto yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto di tengah banjir sambil tersenyum viral di media sosial.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Surkim pada Jumat (19/2/2021) lalu dengan latar belakang banjir dan anjing.

"Pak Anies sengaja mengabadikan sampah kemasan sabun cair yg hanyut di buang warga….itu bisa fatal…bisa mengakibatkan banjir…” tulis akun tersebut.

Lalu benarkah Anies berswafoto di tengah banjir?

1. Foto asli swafoto bersama Wali Kota Bogor Bima Arya

[CEK FAKTA] Gubernur Anies Swafoto Tersenyum di Tengah Banjir Foto hoax Anies Baswedan yang tersebar di masyarakat (Website/turnbackhoax.com)

Dilansir dari akun Turnbackhoax, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta anggota komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia, foto tersebut hasil manipulasi.

Faktanya, foto asli dari unggahan tersebut merupakan swafoto Wali Kota Bogor Bima Arya dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diambil di depan Bendungan Katulampa pada 12 Februari 2018.

Baca Juga: Anies: Banjir Kemang dan Sudirman karena Air Kiriman dari Depok 

2. Foto yang sama pernah dimanipulasi saat banjir melanda satu tahun lalu

[CEK FAKTA] Gubernur Anies Swafoto Tersenyum di Tengah Banjir Penjelasan Walkot Bima Arya tentang foto Anies Baswedan yang dimanupulasi (Instagram.com/bimaaryasugiarto)

Tidak hanya sekali, foto orang nomor satu di Jakarta ini juga pernah dimanipulasi satu tahun lalu, saat banjir mengepung Jakarta.

Sebuah akun menguggah foto Gubernur Anies Baswedan dan Wali kota Bogor Bima Arya dengan narasi sama.

"Cengar-cengir selfie di tengah warga Jakarta yang kebanjiran” pada 2 Januari 2020 dengan klaim yang berbeda

3. Bima Arya geram dengan hoaks yang beredar

[CEK FAKTA] Gubernur Anies Swafoto Tersenyum di Tengah Banjir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau Stasiun Bogor, Senin (15/6) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam laman Instagram pribadi Wali kota Bogor Bima Arya yang diunggah pada 2 Januari 2020, Bima Arya menegaskan swafoto di depan Bendungan Katulampa bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Senin, 12 Februari 2018 itu dijadikan bahan hoaks.

“Bencana itu membuat duka. Tapi menebar hoax di tengah bencana itu menyedihkan.

Beredar foto saya dengan Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan sedang berswafoto di Bendung Katulampa Bogor yang diunggah ulang pada 2 Januari 2020.

"Seolah tak empati dengan musibah. Padahal foto tersebut diambil pada Senin, 12 Februari 2018, bukan pada banjir yang terjadi pada 1 – 2 Januari 2020,” tulisnya.

Dari berbagai fakta yang telah dijabarkan, unggahan akun Facebook Surkim dapat dikategorikan hoaks atau konten yang dimanupulasi.

Jadi cek dulu faktanya sebelum dibagikan

Baca Juga: 4 Anak Tewas Terseret Arus, Anies: Tegur yang Main Air Saat Banjir!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya