[CEK FAKTA] KPK Geledah Kantor Gubernur DKI Anies Baswedan?

Yuk cek faktanya

Jakarta, IDN Times - Media sosial dikejutkan oleh sebuah foto tangkapan layar sampul video yang diklaim petugas penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menggeledah kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pada foto tersebut juga terlihat orang mirip Anies sedang menggunakan rompi oranye

"Mengejutkan Bukti Baru Terungkap!!! Kantor Gubernur DKI Digeledah, Hasilnya Kagetkan Anies," demikian tulis narasi pada foto tersebut. Benarkan KPK menggeledah kantor Gubernur DKI Jakarta?

1. Foto tangkapan layar merupakan hasil editan

[CEK FAKTA] KPK Geledah Kantor Gubernur DKI Anies Baswedan?Jalahoaks.com

IDN Times mencoba menelusuri berita tentang KPK menggeledah kantor Gubernur DKI Jakarta di situs pencarian berita google, namun tidak ada media mainstream yang menulis.

Berdasarkan hasil penelusuran dari google image reverse, tangkapan layar yang beredar tersebut merupakan hasil editan atau suntingan dari dua foto yang berbeda.

Baca Juga: Anies Baswedan Targetkan 100 Bus Listrik TransJakarta Beroperasi 2021

2. Foto tersebut ditemukan dalam artikel berita KPK Geledah Kantor KPU

[CEK FAKTA] KPK Geledah Kantor Gubernur DKI Anies Baswedan?Ilustrasi Pendaftaran KPU (IDN Times/Sukma Shakti)

Dikutip halaman situs jalahoaks, foto petugas KPK yang diklaim dalam halaman sampul video tersebut bukanlah penggeledahan di kantor Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Foto tersebut ditemukan dalam artikel berjudul "KPK Geledah Kantor KPU Selama 8,5 Jam, Penyidik Bawa 3 Koper". Artikel dimuat di tribunnews.com pada 14 Januari 2020.

Foto Gubernur Anies Baswedan yang tercantum diambil dari foto penyerahan simbolis atas beberapa program dan kegiatan "Hari Jadi Kepulauan Seribu yang ke-16" pada November 2017.

Foto tersebut ditemukan dalam artikel berjudul "BNI Turut Meriahkan Hari Jadi Kepulauan Seribu yang ke-16”. Artikel dimuat di wartaekonomi.co.id pada 13 November 2017.

3. Foto penggeledahan kantor Gubernur DKI Jakarta masuk kategori hoaks

[CEK FAKTA] KPK Geledah Kantor Gubernur DKI Anies Baswedan?IDN Times/Sukma Shakti

Kesimpulan Informasi tentang foto penggeledahan kantor Gubernur Provinsi DKI Jakarta oleh KPK RI, adalah tidak benar.

Faktanya, foto tersebut merupakan hasil gabungan dari 2 foto peristiwa berbeda yang dimanipulasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Cerita Anies Baswedan Tak Dikenali Warga saat Makan di Warkop Burjo

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya