Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Pakde Karwo, Mantan Gubernur Jatim Meninggal 

Pesan berantai ucapan duka cita beredar di Whatsapp

Jakarta, IDN Times - Sebuah pesan berantai berisi ucapan belasungkawa atas meninggalnya mantan Gubernur Jatim, Ir Soekarwodinoto CES atau Pakde Karwo beredar di WhatsApp.

“Innaa lillaahi wa innaa ilaihi roo’jiuun.., Allahummaghfirlahuu warhamhuu wa’afihi wa’fu’anhuu.. Turut Berbela Sungkawa atas meninggalnya Bpk. Ir. Soekarwodinoto, CES, ( Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim) semoga Almarhum diampuni salah, khilaf & dosa²nya, diterima seluruh amal ibadahnya & diberi tempat yg terbaik disisi NYA…_ Bagi keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan, kesabaran, serta keikhlasan dlm ketentuan NYA Aamiin³ yaa robbal’aalamiin.. Al-Fatihah“ bunyi pesan tersebut.

Lalu benarkah mantan Gubernur Jatim meninggal dunia?

Baca Juga: [CEK FAKTA] Benarkah Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia Bisa Go Show? 

1. Kominfo rilis kabar duka tersebut hoaks

[CEK FAKTA] Pakde Karwo, Mantan Gubernur Jatim Meninggal Ilustrasi Hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Dilansir laman Kominfo.go.id, informasi yang menyebut mantan Gubernur Jatim, Soekarwo meninggal dunia adalah hoaks.

Hal tersebut dibantah oleh ajudan pribadi Soekarwo hingga Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Agus Widodo.

Mereka memastikan bahwa Soekarwo dalam keadaan sehat wal afiat. Selain itu, nama yang beredar pada informasi tersebut bukanlah nama mantan Gubernur Jatim, Soekarwo. Adapun nama beliau yang sesuai adalah Dr. H. Soekarwo, S.H., M.Hum.

2. Pejabat meninggal dari Kabupaten Banyuwangi

[CEK FAKTA] Pakde Karwo, Mantan Gubernur Jatim Meninggal (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam halaman Turn Back Hoaks, nama pejabat yang meninggal saat itu merupakan pejabat Kabupaten Banyuwangi yang bernama Seokarwodinoto.

Dalam pesan tersebut tertulis gelar orang meninggal adalah seorang insinyur Bpk. Ir. Soekarwodinoto, CES, sedangkan gelar dan nama Pakde Karwo adalah Dr Soekarwo SH M.hum.

3. Kemensetneg tegaskan Pakde Karwo sehat

[CEK FAKTA] Pakde Karwo, Mantan Gubernur Jatim Meninggal Kabar duka cita / Turn Back Hoaks

Akun Instagram kemensetneg juga menjelaskan bahwa kabar duka tersebut hoaks. Kabarkan bahwa Soekarwo yang merupakan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dalam keadan sehat.

"SobatSetneg, terkait adanya pemberitaan di berbagai media sosial pada hari Jumat, tanggal 5 Maret 2021 bahwa Anggota Dewan Pertimbangan Presiden telah meninggal dunia, dapat kami sampaikan bahwa berita yang dinyatakan tersebut adalah tidak benar (hoaks)," tulis akun kemensetneg.

"Bapak Dr. H. Soekarwo, S.H., M.Hum. yang merupakan Anggota Wantimpres saat ini dalam keadaan sehat walafiat. Kami menghimbau agar masyarakat dapat secara bijaksana menyikapi pemberitaan tersebut," imbuhnya

Baca Juga: [CEK FAKTA] Whiskey Berlabel Halal MUI, Benarkah?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya