COVID-19 Tembus 1 Juta Kasus, Menkes Budi: Saatnya Kita Berduka

Yuk jangan kendor terapkan protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Angka kasus positif COVID-19 di Indonesia sudah menembus 1.012.350 orang. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan terdapat penambahan 13.094 dinyatakan positif terpapar virus corona per Selasa (26/1/2020).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, angka 1 juta kasus memberikan makna dan momen tertentu.

"Angka ini memiliki makna dua hal yang harus kita sadari. Angka ini membuat kita harus merenung dan ada dua momen penting yang harus kita sadari," ujar Budi dalam konferensi pers yang dipantau youtube sekretariat presiden, Selasa (26/1/2021).

1. Saatnya Indonesia berduka

COVID-19 Tembus 1 Juta Kasus, Menkes Budi: Saatnya Kita BerdukaTenaga Kesehatan yang Gugur di Tengah Pandemik COVID-19 (Website/laporcovid19.org)

Budi menerangkan, momen pertama yakni lebih dari 600 tenaga kesehatan telah gugur melawan pandemik COVID-19. Selain itu, teman, kerabat bahkan sebagian keluarga yang telah meninggalkan dunia.

"Ini saatnya kita berduka, ada banyak saudara-saudara kita yang meninggal. Momen pertama yang harus kita lalui bahwa harus ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini," ujar pria berusia 56 tahun itu.

Baca Juga: Satgas COVID-19 Sumut Sebut Program J3K Penting untuk Cegah COVID-19

2. Yuk kerja keras tegakan protokol kesehatan

COVID-19 Tembus 1 Juta Kasus, Menkes Budi: Saatnya Kita BerdukaWarga berdiri di dekat maneken yang dipasangkan masker di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (28/2/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Momen kedua, kata Budi, dengan jumlah kasus yang banyak mengingatkan masyarakat agar lebih sadar terhadap bahaya pandemik. Hal itu dilakukan agar pengorbanan tenaga kesehatan tidak sia-sia.

"Angka satu juta ini memberikan satu indikasi, bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama-sama dengan pemerintah bekerja bersama-sama, untuk mengatasi pandemik dengan lebih keras, yang kita teruskan lebih keras lagi," ungkapnya.

3. Pemerintah dan masyarakat harus kerja keras

COVID-19 Tembus 1 Juta Kasus, Menkes Budi: Saatnya Kita BerdukaIlustrasi petugas uji swab. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Budi kembali mengingatkan, angka 1 juta kasus menjadi momen berduka serta harus bekerja keras dengan memastikan disiplin protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan.

"Ini sangat susah dan ini tidak bisa dilakukan seorang diri, oleh pemerintah tanpa bersama-sama rakyat seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini," ujar dia.

Baca Juga: Gejala Baru COVID-19, Apa Itu COVID Tongue? 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya