Dalam 17 Hari, 63 Ular Kobra Berhasil Dievakuasi dari Kota Bekasi

Damkar Kota Bekasi tiap hari dapat laporan tentang ular

Jakarta, IDN Times - Fenomena kemunculan ular kobra akhir-akhir ini membuat resah masyarakat. Di Bekasi, Jawa Barat, 63 ular kobra telah dievakuasi oleh Pemadam Kebakaran Kota Bekasi selama 17 hari, sepanjang Desember 2019.

"Ular yang paling banyak dievakuasi ular kobra ada 63 sampai saat ini, namun ada juga ular variasi lain seperti lanang sapi, tapi jumlahnya tidak sebanyak ular kobra," ujar Eksekutor Rescue Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, kepada IDN Times, Rabu (18/12).

Baca Juga: Teror Ular Kobra, Wali Kota Jakarta Barat Minta Warga Waspada

1. Damkar Kota Bekasi tiap hari mendapat laporan tentang ular

Dalam 17 Hari, 63 Ular Kobra Berhasil Dievakuasi dari Kota BekasiLima baby ular kobra ditangkap petugas Damkar Kota Bekasi di gudang pabrik di KH Agus Salim 22 RT 1 /08, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Selasa (17/12) (Dok. Damkar Bekasi)

Eko memaparkan, akhir-akhir ini memang Damkar Kota Bekasi hampir tiap hari menerima laporan dari masyarakat tentang kemunculan ular kobra.

Setiap menyisir lokasi, petugas tidak hanya menemukan satu ular kobra saja, tetapi bisa beberapa ekor.

2. Semua ular hasil tangkapan akan diserahkan ke komunitas penggiat reptil

Dalam 17 Hari, 63 Ular Kobra Berhasil Dievakuasi dari Kota BekasiSeekor ular piton ditangkap warga saat memangsa seekor mentok di Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Selasa (17/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Eko menambahkan, semua ular kobra yang ditangkap petugas pemadam kebakaran nantinya akan diserahkan kepada komunitas atau penggiat reptil. Termasuk jika petugas mengevakuasi telur-telur kobra.

"Kami bawa ke kantor kemudian serahkan ke komunitas reptil," ucapnya.

3. Gencarnya pembangunan membuat habitat ular terusik

Dalam 17 Hari, 63 Ular Kobra Berhasil Dievakuasi dari Kota BekasiPetugas Damkar Kota Bekasi melakukan evakuasi ular kobra di Jaka Setia, Bekasi Timur, Rabu (18/12) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menurut Eko, sebenarnya kemunculan ular di tengah perumahan hal yang wajar, sebab habitat mereka saat ini sudah tergusur dengan gencarnya pembangunan perumahan atau bangunan lain.

"Banyak yang membangun perumahan di atas rawa, selain menyempit habitat, mata rantai makanan ular juga terputus," bebernya.

4. Telur ular menetas di bulan Desember

Dalam 17 Hari, 63 Ular Kobra Berhasil Dievakuasi dari Kota BekasiLima baby ular kobra ditangkap petugas Damkar Kota Bekasi di gudang pabrik di KH Agus Salim 22 RT 1 /08, Kelurahan Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Selasa (17/12) (Dok. Damkar Bekasi)

Eko menerangkan, di penghujung akhir tahun ini, telur-telur ular kobra menetes setelah musim kawin di bulan Oktober sampai November.

"Bulan ini memang banyak telur ular kobra yang menetas, bahkan beberapa waktu kami temukan 30 cangkang telur ular kobra yang baru menetas di Duren Sawit," ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Seekor Ular Kobra Bertengkar dengan Anjing dan Kucing di Bekasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya