Dapat Surat dari Anak-anak, Menkes: Ayah Makin Semangat Atasi COVID-19

Forum anak Indonesia menyampaikan keluh-kesah kepada Terawan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerima surat secara virtual dari anak-anak yang terdampak pandemik COVID-19. Surat itu disampaikan saat acara Audiensi Pandemi dari Mata Anak Indonesia, Selasa (14/7/2020).

Terawan bangga bercampur haru setelah mendengar curahan hati anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Nasional.

"Saya sudah menyimak apa yang dikemukan anak-anakku, sungguh ayah bangga dan terharu. Itu membuat ayah semakin bersemangat menyelesaikan pekerjaan mengatasi COVID-19," ujar Terawan.

Baca Juga: Menkes: Pembayaran Insentif Tenaga Medis Sudah Direalisasikan

1. Jika pandemik berlangsung lama, anak-anak harus bertahan

Dapat Surat dari Anak-anak, Menkes: Ayah Makin Semangat Atasi COVID-19Audiensi Pandemi Dari Mata Anak Indonesia, Selasa (14/7/2020) (Youtube.com/Forum Anak Indonesia)

Terawan berharap, dalam waktu dekat bisa mengatasi pandemik COVID-19. Namun jika membutuhkan waktu lama, dia berpesan agar anak-anak harus bertahan.

"Apa yang disampaikan pada ayah sudah kami catat, simak, dan tindaklanjuti," ucapnya.

2. Menkes Terawan berpesan agar anak-anak patuhi protokol kesehatan

Dapat Surat dari Anak-anak, Menkes: Ayah Makin Semangat Atasi COVID-19Kawasan Bundaran HI ramai pesepeda di tengah pandemik (IDN Times/Aryodamar)

Terawan berpesan supaya anak-anak tetap melaksanakan protokol kesehatan agar tidak terinfeksi dan terpapar virus corona. Cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker harus dilaksanakan.

"Ayah yakin bahwa nanti angka positif makin kecil, karena dimulai dari anak-anak," katanya.

3. Anak-anak diminta melakukan kegiatan positif agar tidak stres saat pandemik

Dapat Surat dari Anak-anak, Menkes: Ayah Makin Semangat Atasi COVID-19Jalur sepeda Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Minggu (21/6/2020) (IDN Times/Uni Lubis)

Terawan meminta anak-anak bisa menyiasati kondisi ini dengan melakukan kegiatan positif agar tidak stres. Di antaranya dengan terus berkomunikasi agar anak-anak  semakin percaya diri sehingga imunitas semakin meningkat.

"Harapan dari ayah itu, dan harapan anak-anakku semua akan ayah laksanakan dan masukan bagi ayah," ucapnya.

4. Anak wajib dilindungi, dengarkan aspirasi mereka

Dapat Surat dari Anak-anak, Menkes: Ayah Makin Semangat Atasi COVID-19Jalur sepeda Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Minggu (21/6/2020) (IDN Times/Uni Lubis)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang mengapresiasi Menkes Terwan yang meluangkan waktu untuk mendengar pandangan anak di tengah pandemik virus corona.

"Anak merupakan salah satu kelompok rentan wajib dilindungi. Selain itu, juga punya karakteristik kebutuhan yang spesifik dan emosional, tidak ada jalan terbaik selain mendengarkan aspirasi mereka," ucap Bintang.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Masih Banyak Anak-anak Tanpa Masker saat di Luar Rumah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya