Darurat Polusi, Jokowi Akan Tanam 2.561 Pohon Serentak di Jabodetabek

Kick off tanam pohon digelar 12 September

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melakukan kick off gerakan penanaman pohon secara serentak se-Jabodetabek pada 12 September mendatang.

Acara penanaman pohon serentak akan digelar di Hutan Kota PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Jakarta Timur. 

"Ini adalah sebuah upaya agar penanaman pohon ini menjadi sebuah gerakan yang terpadu dan masif. Ini nantinya akan dilakukan bersama Presiden Indonesia, Bapak Joko "Jokowi" Widodo dan akan kick off penanamannya, yang lokasinya direncanakan di Hutan Kota PT JIEP Pulo Gadung," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Balai Kota, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: Polusi Udara Buruk, Sudah 168 Kantor Swasta di Jakarta Terapkan WFH

1. Penanaman pohon di lima wilayah administrasi

Darurat Polusi, Jokowi Akan Tanam 2.561 Pohon Serentak di JabodetabekPj. Gubernur Heru dan Jajaran Forkopimda Tanam 125 Pohon di Kali Mookervaart. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ani mengatakan, gerakan penanaman pohon bersama-sama juga dilakukan di lima wilayah kota Administrasi dan kabupaten Kepulauan Seribu, di DKI Jakarta.

"Ini sebagai upaya yang dampaknya akan dirasakan dalam jangka panjang, penanaman pohon dan tanaman terus digencarkan," ujarnya.

2. Sebanyak 2.561 pohon akan ditanam serentak

Darurat Polusi, Jokowi Akan Tanam 2.561 Pohon Serentak di JabodetabekPj. Gubernur Heru dan Jajaran Forkopimda Tanam 125 Pohon di Kali Mookervaart. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ani menambahkan, dalam tema yang mengusung ‘Hijau Jakarta, Langit Biru Nusantara’ ini akan ditanam 2.561 pohon secara serentak untuk pemulihan kualitas lingkungan.

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Pemda dan bersinergi dengan BUMN, BMUD, dan swasta," ujarnya.

3. Pemprov DKI sudah tanam 5,6 juta tanaman

Darurat Polusi, Jokowi Akan Tanam 2.561 Pohon Serentak di JabodetabekIDN Times/Tunggul Kumoro

Menurut Ani, Pemprov DKI Jakarta telah menanam 224.700 pohon hingga 5,6 juta tanaman sejak Oktober 2022 sampai Agustus 2023 sebagai upaya penghijauan di wilayah DKI Jakarta.

"Sejak Oktober 2022 hingga Agustus 2023 telah ditanam sebanyak 224.758 pohon  sementara untuk tanaman ada sekitar 5,6 juta yang telah di tanam hingga saat ini," imbuhnya.

Baca Juga: Polda Metro Bentuk Satgas Percepatan Penanggulangan Polusi Udara

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya