Comscore Tracker

Densus 88 Tangkap 5 Teroris, 2 Orang Dibekuk di DKI Jakarta

Lima teroris merupakan jaringan berbeda

Jakarta, IDN Times - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap lima orang teroris dari jaringan berbeda yang ada di DKI Jakarta, Sumatra Selatan, dan Jambi, Selasa (16/8/2022).

Kabagbanops Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar, mengatakan, dua teroris di antaranya ditangkap di Jambi.

"Benar, ada dua yang ditangkap," ujar Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Selasa.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Koordinator Teroris Wilayah Aceh

1. Dua pelaku ditangkap di Jambi

Densus 88 Tangkap 5 Teroris, 2 Orang Dibekuk di DKI JakartaIlustrasi penangkapan terduga teroris (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Aswin mengatakan, dua pelaku tersebut masuk dalam jaringan Anshor Daulah (AD). Dua pelaku yang ditangkap itu berinisial MR dan DS.

"Bukan JAD (Jamaah Asharut Daulah), tetapi AD," katanya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Teroris di Magetan, Diduga Terkait Jamaah Islamiyah

2. Dua orang ditangkap di DKI Jakarta berperan sebagai koordinator teroris

Densus 88 Tangkap 5 Teroris, 2 Orang Dibekuk di DKI JakartaIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA/M N Kanwa)

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan, ada dua orang lainnya berinisial AS dan EF yang ditangkap atas tindak pidana terorisme yang dilakukan di wilayah DKI Jakarta.

"AS yang memiliki keterlibatan hubungan internasional dengan Jamaah Islamiah (JI), sedangkan EF terlibat dalam tindak pidana terorisme, yakni sebagai koordinator daerah teritorial kelompok teroris JI di wilayah Jabodetabek," kata Ramadhan dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: Penangkapan Terduga Teroris Makin Banyak, Ali Fauzi Ungkap Penyebabnya

3. Pelaku teroris di Jambi terlibat jaringan AD

Densus 88 Tangkap 5 Teroris, 2 Orang Dibekuk di DKI JakartaIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Selanjutnya, satu tersangka terorisme yang ditangkap di wilayah Sumatra Selatan adalah berinisial WH. Keterlibatannya sebagai pemilik akun Basyira Media pendukung kelompok teroris AD.

“Di wilayah Jambi ada dua pelaku mereka terlibat tindak pidana terorisme memfasilitasi camp uzlah," kata Ramadhan.

Baca Juga: Kronologi Penangkapan TO, Terduga Teroris di Tangerang

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya