Deretan Ulah Penumpang Pesawat, dari Telanjang hingga Tidur di Kabin

Beberapa ulah penumpang ini jangan dicontoh ya guys!

Jakarta, IDN Times - Para penumpang pesawat pasti mengetahui aturan yang harus dipatuhi selama penerbangan, sebab kru selalu memberitahukan berbagai larangan demi keselamatan penerbangan.

Meski demikian, ada saja ulah penumpang pesawat yang tidak mengindahkan aturan dalam pesawat.

Seperti kasus penumpang Wings Air berinisial AN (49) yang merokok di toilet (lavatory) saat penerbangan dari Banjarmasin ke Balikpapan baru-baru ini.

Selain AN, ada juga ulah penumpang nakal yang membuat geleng-geleng kepala mulai dari telanjang sampai tidur di kabin.

Berikut ini rangkuman deretan kasus penumpang dalam pesawat yang kejadiannya bukan hanya di Indonesia, namun juga di berbagai belahan dunia lainnya.

1. Tidak mau pakai sabuk pesawat, 21 penumpang pesawat JetStar di Bali diturunkan

Deretan Ulah Penumpang Pesawat, dari Telanjang hingga Tidur di KabinPesawat di Bandara Soekarno-Hatta. IDN Times/Hana Adi Perdana

Pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menurunkan 21 penumpang maskapai JetStar JQ-36, pada Minggu (3/11) setelah ada dua penumpang berdiri saat pushback di area apron.

Dilansir dari Antara, Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Arie Ahsanurrohim mengatakan, awalnya, ada penumpang mengeluhkan fasilitas layar monitor (in-flight entertainment) tidak menyala. Kemudian, awak kabin akan menindaklanjuti permasalahan setelah pesawat mengudara.

"Penumpang yang bersangkutan tetap bersikeras untuk tetap berdiri serta tidak mengindahkan instruksi awak kabin pesawat, selama proses penurunan kedua penumpang tersebut, 19 penumpang yang tergabung rombongan dengan kedua penumpang tersebut ikut melakukan protes kepada awak kabin, sehingga pilot memutuskan untuk menurunkan 19 penumpang lain yang melakukan protes itu," jelasnya.

2. Pria telanjang coba naiki pesawat di Rusia sambil berteriak

Deretan Ulah Penumpang Pesawat, dari Telanjang hingga Tidur di Kabin(Ilustrasi ruang tunggu bandara) IDN Times/Fariz Fardianto

Dilansir The Independent, seorang pria dalam keadaan telanjang menaiki pesawat sambil berteriak pada Maret 2019 lalu.

Pria tersebut beralasan pakaian akan menghambat gerakannya dan membuatnya kurang aerodinamis.

Seorang saksi mata mengatakan, calon penumpang tersebut telah melewati pemeriksaan di Bandara Domodedovo, Moskow, Rusia, sebelum menanggalkan seluruh pakaian di di jembatan penghubung pesawat. 

Baca Juga: [BREAKING] Batik Air Mendarat Darurat di Kupang, Pilot Pingsan

3. Penumpang pesawat tidur di lantai kabin, duh ada-ada aja!

Deretan Ulah Penumpang Pesawat, dari Telanjang hingga Tidur di KabinInstagram/@passengershaming

Baru-baru ini beredar potret penumpang pesawat yang sedang tidur di lantai kabin pesawat saat penerbangan.

Foto yang diunggah di akun Instagram @passengershaming pada memperlihatkan dua penumpang tengah tidur lelap dalam pesawat.

Satu orang tidur di atas kursi dengan posisi kepala di bawah jendela, sedangkan satu penumpang lain tidur di lantai persis di bawah kursi.

Belum diketahui dua orang tersebut merupakan penumpang dari pesawat mana, namun jika ditelusuri dari foto tersebut kejadiannya bukan di Indonesia ya, guys.

4. Durian seberat 2 ton diturunkan dari pesawat Sriwijaya Air

Deretan Ulah Penumpang Pesawat, dari Telanjang hingga Tidur di Kabinpertanianku.com

Pada 7 November 2018, petugas Sriwijaya Air menurunkan durian setelah penumpang protes dengan aroma durian yang menyengat yang dibawa beberapa penumpang lain.

Durian sebanyak 2 ton 25 kg tersebut meski dikemas sesuai prosedur dengan beberapa lapis termasuk ditaburi kopi masih menimbulkan ketidaknyaman bagi penumpang lainnya.

Akhirnya petugas menurunkan buah durian yang mengakibatkan jadwal keberangkatan tertunda sekira 1 jam.

6. Pasangan penumpang cekcok dan dorong pramugari Citilink

Deretan Ulah Penumpang Pesawat, dari Telanjang hingga Tidur di KabinIDN Times/Candra Irawan

Masih ingat dengan video rekaman pasangan penumpang yang tengah cekcok kemudian mendorong pramugari Citilink? Ya, video yang viral pada 4 September 2017 lalu memperlihatkan pasangan penumpang yang tidak terima ditegur pramugari karena membawa barang melebihi batasan.

Pilot memutuskan menurunkan penumpang demi keselamatan dan keamanan saat penerbangan.

Jadi lebih baik ikuti aturan agar demi keselamatan dalam pesawat, safe flight guys!

Baca Juga: Bikin Luluh! Pramugara Suapin Nenek Umur 117 Tahun dalam Pesawat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya