Dishub DKI Siapkan Ribuan Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran

Sebanyak 2.258 unit bus disiapkan untuk angkutan lebaran

Jakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 2.258 bus AKAP untuk masa angkutan Lebaran mulai 3-14 April 2024. Ribuan bus AKAP tersebut berasal dari 152 PO.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, para PO bus juga diminta menyediakan bus-bus tambahan atau cadangan dan saat ini totalnya mencapai 150 unit. Tujuannya, mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Total bus yang kita siapkan 2.258 unit dari 152 PO. Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan seperti tahun lalu kita tetap sediakan bus cadangan sebanyak 150 unit dari PO-PO yang ada. 150 unit bus bantuan yang nantinya membackup bus reguler yang sekarang ada,” ungkap Syafrin dalam keterangan, Kamis (28/3/2024).

1. Puncak arus mudik diprediksi 8 April

Dishub DKI Siapkan Ribuan Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang LebaranIlustrasi penumpang pesawat di Bandara SMB II Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Syafrin memprediksi puncak arus mudik terjadi pada tanggal 8 April 2024 berdasarkan perkiraan Idulfitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

“Tahun ini itu kita proyeksikan pada tanggal 8 pada hari Seninnya, karena perkiraan lebaran kan tanggal 10 April. Biasanya masyarakat akan berduyung-duyung untuk mudik pada H-3,” kata Syafrin.

Baca Juga: 6 Tips Mudik Aman Naik Kereta Api, Anti Ribet

2. Korlantas terapkan one way

Dishub DKI Siapkan Ribuan Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang LebaranIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Syafrin menambahkan, Korlantas Polri akan memberlakukan one way pada arus mudik di tol ke arah Timur, sehingga bus yang datang dari Jawa akan terhambat pada tanggal 5 sampai 6 April dan mau tidak mau bus harus memilih lintasan arteri yang tentu kepadatannya juga tinggi karena tingginya pemudik dengan sepeda motor.

“Oleh sebab itu kita harus siapkan bus cadangan jangan sampai penumpang yang sudah ada lebih dari 12 jam di terminal,” katanya Syafrin.

3. Jumlah kendaraan diprediksi meningkat 66,8 persen

Dishub DKI Siapkan Ribuan Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang LebaranIDN Times/Dwi Agustiar

Sementara PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 Hari Raya Idul Fitri atau pada Sabtu (6/4/2024), dengan jumlah kendaraan mencapai 259 ribu di empat gerbang tol utama. Jumlah ini meningkat 66,8 persen dibandingkan kondisi normal.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+5 atau Senin (15/4/2024) dengan jumlah kendaraan mencapai 300 ribu di empat gerbang tol utama, meningkat hingga 131 persen dari kondisi normal.

"Dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang menuju dan meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung, Jasa Marga memberikan perhatian lebih pada KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Lokasi tersebut merupakan titik pertemuan kendaraan yang datang dari dan menuju Bandung serta Cikampek ke Jakarta, yang perlu diantisipasi oleh pengguna jalan," ujarnya.

Baca Juga: 2 Cara Cek Lokasi SPBU Terdekat Pakai Maps Saat Mudik

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya