Dishub DKI Targetkan 340 Juta Penumpang Naik TransJakarta Tahun Ini

Pemprov akan lakukan evaluasi triwulan

Jakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menargetkan penumpang TransJakarta mencapai 340 juta pada 2024. Angka ini naik dari 2023 yang berhasil mencapai 264 juta. 

"Jumlah penumpang pada 2023 sebanyak Rp264 juta, pada tahun 2024 ditargetkan sebanyak 340 juta penumpang. Pada tahun 2023 penumpang harian, TransJakarta mencapai rekor tertinggi, yaitu mencapai 1.174.098 penumpang per hari," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Kota, Senin (15/1/2024).

Baca Juga: Respons Pimpinan DPRD soal Stiker Heru di Halte Transjakarta

1. Evaluasi kinerja layanan TransJakarta

Dishub DKI Targetkan 340 Juta Penumpang Naik TransJakarta Tahun IniRevitalisasi Halte TransJakarta Gatot Subroto (dok. Humas TransJakarta)

Syafrin mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan melakukan evaluasi terhadap layanan TransJakarta tiap tahun, terutama kinerja layanan.

"Evaluasi tersebut mulai dari jumlah penumpang, jumlah armada, rute layanan, rasio penumpang per kilo meter, ketercapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) sampai dengan efektivitas subsidi," katanya.

Baca Juga: DPRD DKI Sayangkan Sosialisasi Perubahan Nama Halte TransJakarta Minim

2. Rasio penumpang target naik 1,16 persen

Dishub DKI Targetkan 340 Juta Penumpang Naik TransJakarta Tahun IniPeluncuran 26 bus listrik Transjakarta di Monas, Jumat (22/12/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Syafrin mengatakan, pihaknya juga melakukan setiap triwulan untuk rute yang menunjukkan performa rendah dengan cara melakukan perubahan rute (rerouting), modifikasi rute dan memperbaiki jarak tempuh dan lainnya.

"Sementara untuk rasio penumpang per kilometer mengalami peningkatan dari tahun 2023 ditargetkan 1,01 dengan ketercapaian sebesar 1,08. Sementara pada tahun 2024 ditargetkan mencapai 1,16," katanya.

Baca Juga: Stiker Heru di Halte TransJakarta, DPRD Minta Diganti Lebih Netral 

3. Target tambah bus listrik 300 unit

Dishub DKI Targetkan 340 Juta Penumpang Naik TransJakarta Tahun IniBus listrik milik PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) (dok. Vektor)

Syafrin menambahkan perbaikan juga terus dilakukan dalam sisi manajemen. Dia mencontohkan, layanan yang berbasis digitalisasi, kemudahan masyarakat menjangkau layanan, revitalisasi halte yang semakin nyaman, sumber daya manusia (SDM) unggul, dan lainnya.

"Inovasi untuk melayani masyarakat secara maksimal, pada tahun 2023 juga telah beroperasi 100 unit bus listrik, tahun ini ditargetkan penambahan armadanya termasuk 200 unit bus listrik, sehingga total menjadi 300 unit bus listrik yang beroperasi," imbuhnya.

Baca Juga: KPU Kota Tangerang Tengah Siapkan Sarana Pemilu untuk Orang Difabel 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya