dr Richard Trending, Muncul Petisi Selamatkan Tokoh Penyelamat Wanita

Petisi tembus 117 tanda tangan

Jakarta, IDN Times - Sosok dokter Richard Lee trending di media sosial Twitter pada Kamis (12/8/2021). Peristiwa ini terjadi setelah Richard dijemput paksa tim penyidik Polda Metro Jaya pada Rabu (11/8/2021).

Seiring penangkapan praktisi kulit dan kecantikan tersebut, muncul sebuah petisi yang bertajuk 'Selamatkan Tokoh Penyelamat Kaum Wanita Indonesia' pada laman Change.org.

Sampai Kamis (12/8/2021) siang, petisi yang inisiasi SaveDRL sudah mendapatkan 117.274 tanda tangan, dari target 150 ribu tanda tangan.

1. Beberapa oknum dinilai salah artikan edukasi dokter

dr Richard Trending, Muncul Petisi Selamatkan Tokoh Penyelamat WanitaPetisi untuk dokter Richard Lee di Change.org

Dalam petisi tersebut menjelaskan, beberapa oknum dinilai salah mengartikan sebagai “serangan” saat dokter yang memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat umum, mengenai krim berbahaya dan tidak memiliki izin BPOM untuk tidak sembarangan digunakan.

Selain itu, dokter tersebut juga menghimbau agar tokoh atau artis atau selebriti untuk berhati-hati menerima bentuk promosi atau penyebaran produk yang tidak memiliki izin edar ataupun perlu pengawasan dari ahli, dengan tujuan tidak memberikan informasi yang akhirnya di ikuti atau menjadi contoh yang tidak baik untuk khalayak banyak. 

Baca Juga: Polda Metro Tangkap dr Richard Lee karena Hilangkan Barang Bukti

2. Keterangan yang diberikan berbasis penelitian

dr Richard Trending, Muncul Petisi Selamatkan Tokoh Penyelamat WanitaDokter Richard Lee. (Instagram.com/dr.richard_lee)

Petisi juga menerangkan, dokter kecantikan tersebut juga memberikan informasi secara faktual dan berbasis data dari penelitian-penelitian, serta data faktual yang diberikan oleh pihak yang sudah bersertifikasi dan layak.

Tidak hanya itu, dokter sudah berkecimpung serta menangani langsung korban dari produk, barang atau kosmetik berbahaya tersebut dengan tujuan agar tidak ada lagi korban serupa.

"Dengan petisi ini, kami sebagai masyarakat yang peduli dan yang bersedia menerima edukasi dan informasi yang benar mendukung dokter untuk memberantas oknum yang tidak bertanggung jawab," tulis petisi tersebut.

3. Petisi minta agar edukasi tetap diberikan

dr Richard Trending, Muncul Petisi Selamatkan Tokoh Penyelamat WanitaDokter Richard Lee. (Instagram.com/dr.richard_lee)

Selain itu, petisi juga meminta agar dokter bisa melanjutkan edukasi dan memberikan informasi yang tepat semua khalayak masyarakat agar menyadarkan dan mengimbau para artis agar memberikan informasi yang faktual, serta didasari oleh kepentingan dalam mempromosikan yang aman yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Jadi bukan dari dasar keuntungan pribadi saja," imbuh petisi tersebut.

4. Dokter Richard Lee dijemput paksa polisi

dr Richard Trending, Muncul Petisi Selamatkan Tokoh Penyelamat WanitaDokter Richard Lee. (Instagram.com/dr.richard_lee)

Diketahui, dr Richard dijemput tim penyidik Polda Metro Jaya dari rumahnya di Jalan Brigjen Hasan Kasim Komplek Investama, Kota Palembang, Rabu (11/8/2021) sekitar pukul 07.00 WIB. Richard Lee didudga dijemput akibat perkara dengan artis Kartika Putri beberapa waktu lalu.

"Klien kami dijemput tanpa pemberitahuan dari pihak penyidik pagi ini. Tanpa pemberitahuan tiba-tiba saja klien kami ditetapkan tersangka tanpa pemberitahuan ke kami sebagai kuasa hukum," ungkap kuasa hukum Richard Lee, Razman Arif Nasution, di Palembang, Rabu (11/8/2021).

Namun, Polda Metro Jaya menjelaskan penjemputan paksa dilakukan karena Richard diduga menghilangkan barang bukti. Ia diduga mengakses akun Instagram di ponsel yang sudah dijadikan barang bukti oleh pengadilan.

Akun yang diakses secara ilegal itu merupakan salah satu barang bukti yang disita dalam proses penyidikan kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan artis Kartika Putri.

“Ini terjadi ilegal akses dan juga pencurian oleh seseorang, kemudian dilakukan penyelidikan dan penyidikan, hasilnya ternyata ditemukan yang melakukan ilegal akses dan pencurian barang bukti yang ada di akun dalam barang bukti penyidik ini dilakukan oleh RL,” ujar Yusri di Polda Metro, Jakarta Selatan, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: Istri dr Richard Lee Ceritakan Kronologis Suaminya Dibawa Penyidik PMJ

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya