Comscore Tracker

Gawat! Menkes Ungkap 2 Mutasi COVID-19 Afrika dan Inggris Masuk Jatim

Menkes Budi minta kuatkan 3T

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan berdasarkan update terbaru pemeriksaan Whole Genome Sequencing, terdapat dua mutasi virus corona baru di Jawa Timur.

Budi memastikan varian COVID-19 itu merupakan imported case atau varian yang didapatkan dari penularan perjalanan warga dari luar negeri.

"Minggu lalu kita ketemu dua lagi mutasi baru, dua-duanya terjadi di Jatim. Dua-duanya PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang datang dari Malaysia, mereka membawa satu mutasi (virus) dari Afrika Selatan dan satu dari London (Inggris)," ujarnya dipantau virtual, Selasa (17/5/2021).

Baca Juga: Menkes: Varian COVID-19 dari India Paling Banyak di Sumsel dan Kalteng

1. Pemda aktif upaya penanganan COVID-19

Gawat! Menkes Ungkap 2 Mutasi COVID-19 Afrika dan Inggris Masuk JatimKecamatan Medan Tuntungan lakukan Tracing kepada pedagang dan warga sekitar Pasar Melati Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Untuk itu, Budi mengimbau kepada seluruh kepala daerah baik gubernur, bupati, maupun wali kota serta stakeholder terkait, agar aktif melakukan upaya penanganan COVID-19, terutama pasca-libur Lebaran 2021.

Hal ini, mengingat saat hari libur ada kecenderungan peningkatan interaksi dan mobilitas masyarakat, sehingga dikhawatirkan akan memicu peningkatan jumlah kasus virus corona terkonfirmasi.

“Imbauan kami terutama untuk terus menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker. Untuk teman-teman kepala daerah, dinas kesehatan, pangdam, dan kapolda untuk terus memastikan tracing-nya ditingkatkan, dan orang yang di-trace positif harus segera dilakukan testing,” kata Budi.

2. Varian baru virus corona cepat menular

Gawat! Menkes Ungkap 2 Mutasi COVID-19 Afrika dan Inggris Masuk JatimIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Budi menjelaskan, penguatan upaya 3T (Tracing, Testing, Treatment) adalah bagian penting dari penemuan kasus secara cepat agar tidak menjadi sumber penularan di tengah masyarakat.

"Terlebih, tiga varian COVID-19 telah ditemukan dan tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Varian baru ini diduga jauh lebih mudah dan cepat menyebar dibandingkan varian yang sebelumnya," ujar Menkes.

3. Tingkatkan 3M dan 3T

Gawat! Menkes Ungkap 2 Mutasi COVID-19 Afrika dan Inggris Masuk JatimKampanye protokol kesehatan di KA. IDN Times/Zainul Arifin

Budi menegaskan penguatan upaya 3T adalah bagian penting dari penemuan kasus secara cepat, agar tidak menjadi sumber penularan di tengah masyarakat.

Dia menambahkan upaya 3M, 3T, dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro harus berjalan beriringan, tentunya dengan melibatkan level pemerintahan terkecil serta masyarakat itu sendiri.

“Pastikan tracing-nya juga harus jalan, karena yang di-testing sebenarnya adalah testing epidemologi, orang yang kontak erat dengan yang terduga terkonfirmasi,” tutur Menkes.

Baca Juga: WHO: Varian COVID-19 dari India Terdeteksi di 44 Negara

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya