Geser Jonan, Ini Sosok Menteri Arifin yang Bercita-cita Jadi Pilot

Menteri Arifin Tasrif mempunyai prestasi cemerlang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengumumkan susunan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Nama yang cukup menyorot perhatian publik adalah Arifin Tasrif, yang terpilih menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggantikan Ingnasius Jonan di periode sebelumnya.

1. Sejak kecil bercita-cita jadi pilot

Geser Jonan, Ini Sosok Menteri Arifin yang Bercita-cita Jadi PilotIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ternyata sejak kecil, Arifin tidak bercita-cita menjadi menteri, namun laki-laki kelahiran 19 Juni 1953 itu memiliki keinginan menjadi pilot, karena sering diajak naik pesawat oleh orangtuanya saat kecil.

Namun, seiring berjalannya waktu, Arifin yang saat ini dipercaya oleh pemerintah Jokowi menjadi Menteri ESDM, justru menyukai dunia pertanian, hingga ia akhirnya menjadi pekerja profesional di bidang tersebut.

2. Raih berbagai macam penghargaan

Geser Jonan, Ini Sosok Menteri Arifin yang Bercita-cita Jadi PilotANTARA FOTO

Lahir pada 66 tahun silam, tepatnya 19 Juni 1953, Tasrif menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Kimia pada 1972.

Berbagai macam penghargaan nasional dan internasional pada 2011. Putra asli Minangkabau tersebut, meraih Honorary Fellowship Award dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO), atas kontribusinya sebagai insinyur di Indonesia dan regional ASEAN.

3. Menjabat berbagai direktur di berbagai perusahaan

Geser Jonan, Ini Sosok Menteri Arifin yang Bercita-cita Jadi PilotIstana Merdeka jelang pelantikan menteri Jokowi-Ma'ruf (IDN Times)

Nama Arifin Tasrif semakin meroket ketika ia menjadi direktur utama di Pupuk Indonesia. Sebelum duduk di jabatan tersebut, ia lebih dulu menjabat sebagai direktur utama PT Pupuk Sriwijaya dan Petrokimia Gresik.

Oleh Kementerian BUMN, Arifin dipercayakan mengoordinasikan produksi dan distribusi lima perusahaan untuk menjadi holding company BUMN yang tujuan akhirnya adalah menjadi holding BUMN Pupuk Indonesia.

Kemudian, dia menjadi dirut pertama dari perusahaan holding pupuk BUMN, setelah berhasil menyatukan lima perusahaan yang telah didorong pemerintah untuk disatukan.

4. Arifin Tasrif dipercaya menjadi Menteri ESDM

Geser Jonan, Ini Sosok Menteri Arifin yang Bercita-cita Jadi PilotANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pada 2012, ketahanan pangan Indonesia dianggap mengalami peningkatan drastis, seiring dengan produktivitas lahan yang semakin luas dibandingkan negara Asia lainnya, padahal waktu itu subsidi pupuk Indonesia lebih kecil dibanding negara Asia lainnya.

Namun ketergantungan impor pangan justru menurun. Karena itu, dukungan keberhasilan produktivitas pertanian waktu itu disumbang besar juga dari pasokan dan kualitas pupuk yang tepat sasaran. Arifin pun dinilai memiliki rapor baik atas capaiannya.

Tak lama setelah itu, ia mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang sejak 2017. Kini pada 23 Oktober 2019, dengan memakai batik lengan panjang, ia duduk di tangga Istana Presiden, disebutkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM dalam Kabinet Indonesia Maju.

https://www.youtube.com/embed/gu67B1qOlZU

Baca Juga: 2 Kementerian Ini Diubah Namanya oleh Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya