Gubernur Ganjar Ingin Kerajaan Agung Sejagat Jadi Tempat Wisata

Kalau menurut kalian bagaimana guys?

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin eks bangunan Kerajaan Agung Sejagat di Desa Pogung Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menjadi tempat wisata.

Melalui Akun Instagramnya, @ganjar_pranowo, Ganjar mengunggah video saat dia mengunjungi Keraton Agung Sejagat pada Selasa (22/1) lalu.

"Keraton Agung Sejagat, kemarin sempat mampir ke eks Keraton Agung Sejagat ini, ternyata ramenya minta ampun, sudah mirip tempat wisata. Sepertinya bagus jika kelak jadi destinasi wisata dg polesan-polesan event budaya menarik. Menurutmu gimana? tulis Ganjar, menyertai unggahan video tersebut. 

1. Ganjar bertemu dengan pembuat keraton

Gubernur Ganjar Ingin Kerajaan Agung Sejagat Jadi Tempat Wisata(Instagram/@ganjar_pranowo)

Saat mengelilingi Kerajaan Agung Sejagat, Ganjar dihadang seorang pria bernama Namono.

"Oalah sampeyan sing mbangun keraton iki?" ujar Ganjar kepada Namono, dalam video tesrebut.

"Jenengan dadike opo? (kamu dijadikan apa?) Patih apa Menteri Urusan Bangunan?" tanya Ganjar, meledek.

"Dereng (belum) Pak," jawab dia.

Baca Juga: Polda Jateng: Raja Kerajaan Agung Sejagat Punya Daya Khayal Tinggi

2. Ganjar menawarkan eks bangunan keraton menjadi tempat wisata

Gubernur Ganjar Ingin Kerajaan Agung Sejagat Jadi Tempat WisataFoto Raja dan permaisuri Keraton Agung Sejagat turut diamankan petugas. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ganjar lantas menanyakan kepada warga, bagaimana jika keraton tersebut dijadikan kerajaan kembali?

"Ning ojo ngapusi, digawe nggon piknik, setuju rak? (Tapi jangan bohongi, dibuat aja untuk tempat rekreasi, setuju gak?) tanya Ganjar pada ratusan warga.

Sontak masyarakat menjawab setuju. Ganjar kemudian menyebutkan, jika nanti dibuat kerajaan di depan keraton akan dituliskan "Ini keraja-rajaan."

3. Ganjar kagum melihat ukiran batu prasasti milik Kerajaan Agung Sejagat

Gubernur Ganjar Ingin Kerajaan Agung Sejagat Jadi Tempat WisataPrasasti Keraton Agung Sejagat yang diungkap Polda Jawa Tengah di Klaten. (Dok Humas Polda Jateng)

Ganjar juga melihat Batu Prasasti di lingkungan Kerajaan Agung Sejagat. Bahkan, dia kagum dengan ukiran yang terpahat di batu tersebut. "Yo niat yo, niat gawe kerajaan (ya niat ya buat kerajaan)," kelakar dia.

Ganjar mengatakan banyak masyarakat yang mengirimi video Kerajaan Agung Sejagat, dan menurut dia masyarakat senang dan menikmati fenomena ini.

"Wa asyik ada pakai baju bagus dikiranya apa? Festival, pawai makanya disampaikan di Instagram saya, kalau anda lihat video ini apa yang ada di pikiran anda? Sunatan Pak Festival, 17-Agustusan, jadi gak ada keraton dan kerajaan, rakyat pun sudah cerdas melihat seperti ini bahwa ini adalah sesuatu yang tidak sebenarnya," kata dia.

4. Warganet setuju jika bekas Keraton Agung Sejagad dijadikan tempat wisata

Gubernur Ganjar Ingin Kerajaan Agung Sejagat Jadi Tempat WisataSejumlah pengunjung berada di gapura pintu masuk komplek Kerajaan Agung Sejagad di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (14/1). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Tak hanya masyarakat setempat kerajaan, warganet juga setuju eks keraton tersebut dijadikan sebagai destinasi wisata baru. Akun Instagram @latifdwi misalnya, yang setuju dengan ide Ganjar.

"Boleh itu Pak dijadikan wisata, diupgrade lagi, biar nambah pendapatan daerah," tulis dia di kolom komentar.

Akun Instagram @rizza_fikrian juga menyebutkan hal senada. "Tempat wisata bagus pak nanti banyak yang ambil video Pak."

 

Keren juga nih ide gubernur kesayangan warganet ini. Kalau menurut kamu bagaimana?

Baca Juga: Ada 7 Syarat Sebuah Kerajaan, Agung Sejagat Termasuk?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya