Gunung Ruang Erupsi, 301 KK akan Direlokasi ke Manado 

BNPB dan pemda akan segera melakukan pendataan

Intinya Sih...

  • Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan merelokasi 301 KK akibat erupsi Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.
  • BNPB dan pemerintah daerah akan melakukan pendataan permukiman terdampak untuk verifikasi warga yang akan direlokasi, dengan skema pembiayaan perbaikan atau relokasi rumah.

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy akan merelokasi 301 Kepala Keluarga (KK) akibat erupsi Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait penanganan pascabencana longsor Tana Toraja (Sulawesi Selatan), banjir dan longsor di Sumatera Barat, dan erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro (Sulawesi Utara), yang diselenggarakan di Kantor Kemenko PMK, pada Kamis (2/5/2024).

 “Tadi sudah ada kesepakatan, untuk kesepakatan informal bahwa untuk wilayah yang ada di akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Karena itu, ada sekitar 301 KK yang harus direlokasi,” ujar Muhadjir pada awak media.

Baca Juga: Ribuan Penumpang Pesawat Kena Dampak Erupsi Gunung Ruang

1. Pemerintah lakukan verifikasi data

Gunung Ruang Erupsi, 301 KK akan Direlokasi ke Manado Status Gunung Ruang naik menjadi AWAS, ratusan warga dievakuasi. (dok. BNPB)

Muhadjir mengatakan, BNPB dan pemerintah daerah akan segera melakukan pendataan terhadap permukiman yang terdampak by name by address untuk melakukan verifikasi warga yang akan di rehabilitasi sampai relokasi.

"Apakah rumahnya tetap ditahan ketentuan itu kalau dipandang aman tinggal akan ada perbaikan-perbaikan, baik perbaikan rusak ringan, sedang sampai berat dan itu sudah ada skema pembiayaannya atau direlokasi," katanya. 

Baca Juga: 5 Bandara di Sulawesi Ditutup akibat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

2. Relokasi ke Manado atau Minahasa

Gunung Ruang Erupsi, 301 KK akan Direlokasi ke Manado Status Gunung Ruang naik menjadi AWAS, ratusan warga dievakuasi. (dok. BNPB)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan, pemerintah telah menyiapkan skenario terkait tempat relokasi 301 KK.

"Kami ditugaskan nanti terutama yang sudah clear tadi sudah ada 301 KK yang akan kita pindahkan, apakah di Manado tadi, di Minahasa Utara maupun tempat yang lain yang dipilih oleh provinsi," katanya.

3. Relokasi bisa bantu korban

Gunung Ruang Erupsi, 301 KK akan Direlokasi ke Manado Status Gunung Ruang naik menjadi AWAS, ratusan warga dievakuasi. (dok. BNPB)

Zainal berharap relokasi dan rekonstruksi tersebut bisa dilakukan secepatnya dan membantu mengurangi kecemasan para korban sehingga segera hidup layak.

"Kami Insyaallah bisa kami lakukan sebagai mana dulu juga pernah ditugaskan untuk Lumajang itu 2.000 rumah selesai dalam 4 sampai bulan," ujarnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali menaikkan status Gunungapi Ruang menjadi level IV atau 'Awas' per hari ini, Selasa (30/4) pukul 01.30 WITA. Peningkatan status tersebut dilakukan setelah gunungapi berjenis stratovolcano itu kembali meletus dan mengeluarkan kolom erupsi mencapai 2.000 meter dari atas puncak yang disertai suara gemuruh dan gempa yang dirasakan secara terus menerus.

Di samping itu, peningkatan status Gunungapi Ruang juga didasari oleh hasil evaluasi pengamatan secara instrumental yang mana jumlah kejadian gempa vulkanik dalam (VTA) dan dangkal (VTB) meningkat secara signifikan pada 29 April 2024 yang disertai visual hembusan asap kawah. Hingga saat ini hasil pengamatan masih menunjukkan terjadinya proses peretakan batuan disertai migrasi magma dari reservoir magma dalam ke permukaan.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya