Comscore Tracker

Hari Disabilitas Internasional, Mensos Soroti Fasilitas Publik

Parade peringatan Hari Disabilitas Internasional

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial menggelar jalan sehat yang diikuti 1.000 penyandang disabilitas di depan Gedung FX Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (1/11).

Menteri Sosial (mensos) Juliari Batubara mengungkapkan parade jalan sehat bersama para penyandang disabilitas ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember.

1. Kemensos bertanggung jawab terhadap penyandang disabilitas

Hari Disabilitas Internasional, Mensos Soroti Fasilitas PublikKementerian Sosial Republik Indonesia menggelar jalan sehat yang diikuti 1.000 penyandang disabilitas di depan Gedung FX Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (1/11)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Mensos Juliari menjelaskan parade jalan sehat bersama disabilitas untuk meningkatkan awareness serta mendapatkan perlakuan yang setara terutama dalam kehidupan sehari-hari.

"Kemensos bertanggung jawab untuk membuat kehidupan mereka lebih baik," ujar Mensos Juliari usai parade jalan sehat.

2. Fasilitas publik jadi tantangan penyandang disabilitas

Hari Disabilitas Internasional, Mensos Soroti Fasilitas PublikKementerian Sosial Republik Indonesia menggelar jalan sehat yang diikuti 1.000 penyandang disabilitas di depan Gedung FX Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (1/11)/ IDN Times

Menurut Juliari, tantangan ke depan adalah penyediaan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas. Dia berujar akses publik tersebut perlu digalakkan lagi agar para mobilitas para disabilitas tidak terhambat.

"Saya kira seluruh fasilitas-fasilitas publik khususnya, memberikan kemudahan bagi teman-teman disabilitas untuk bergerak baik di kantor atau di tempat umum sehingga mereka merasa dihargai dan seperti layaknya orang normal lain," imbuhnya.

3. Dani merasa diberlakukan setara

Hari Disabilitas Internasional, Mensos Soroti Fasilitas PublikKementerian Sosial Republik Indonesia menggelar jalan sehat yang diikuti 1.000 penyandang disabilitas di depan Gedung FX Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (1/11)/

Salah satu peserta, Dani Aditya merasa senang adanya parade untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional.Menurutnya, sebagai penyandang disabilitas, dia merasa diperlakukan sama dan setara layaknya orang normal lain.

"Saya ingin dianggap setara dan normal seperti lain, sebab saya sudah sering dibully dikatakan saya cacat," paparnya.

4. Puncak Hari Disabilitas Internasional 2019 digelar 3 Desember

Hari Disabilitas Internasional, Mensos Soroti Fasilitas PublikKementerian Sosial Republik Indonesia menggelar jalan sehat yang diikuti 1.000 penyandang disabilitas di depan Gedung FX Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (1/11) / IDN Times Dini sucatiningrum

Sementara itu, Dirjen Rehabilitas Sosial Edi Suharto menjelaskan  kegiatan jalan sehat serta Parade Car Free Day itu adalah merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019.

“Kemarin sudah ada talkshow, kalau sekarang ada 1.000  teman-teman dari disabilitas, pengusaha, LSM,   balai kementerian social. Puncaknya, kita ada pameran di tanggal 3 Desember,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Disabilitas, Risma Minta Warga Dukung Bakat Mereka

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya