Hore! Aplikasi PeduliLindungi Dapat Diakses Lagi di App Store

Aplikasi PeduliLindungi sempat mengalami kendala teknis

Jakarta, IDN Times - Aplikasi PeduliLindungi dapat diakses kembali oleh pengguna perangkat iOS yang ingin mengunduh dan memperbarui aplikasi, setelah mengalami kendala teknis dan tidak dapat ditemukan di aplikasi App Store, Rabu (23/2/2022) kemarin.

Staf Ahli Bidang Teknologi Kesehatan Kementerian Kesehatan Setiaji mengatakan, Kemenkes langsung berkoordinasi dengan Apple US, selaku pengelola App Store, terkait kendala tersebut. 

“Setelah mengetahui masalah tersebut, Kementerian Kesehatan langsung berkoordinasi dengan pihak Apple US. Saat ini masyarakat dapat kembali mengunduh dan memperbarui aplikasi PeduliLindungi melalui App Store,” kata Setiaji dalam siaran tertulis, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Status Warna PeduliLindungi Berubah Otomatis usai Isoman, Cek ya!

1. Kini aplikasi PeduliLindungi hadir dengan versi terbaru 4.1.14

Hore! Aplikasi PeduliLindungi Dapat Diakses Lagi di App StoreCara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Untuk Cegah Penyebaran COVID-19 (IDN Times/Dokumen)

Sebelumnya, aplikasi PeduliLindungi sempat terkendala dengan perubahan status menjadi privat. Alhasil, pengguna iPhone untuk sementara tidak dapat mencari dan menemukan aplikasi PeduliLindungi pada kolom pencarian App Store.

Namun kini, setelah dilakukan pembaruan pada fitur untuk meningkatkan fungsi dan kenyamanan pengguna, kata Setiaji, aplikasi PeduliLindungi hadir dengan versi terbaru 4.1.14.

2. Masyarakat diharapkan disiplin gunakan PeduliLindungi saat beraktivitas di ruang publik

Hore! Aplikasi PeduliLindungi Dapat Diakses Lagi di App StoreIlustrasi scan barcode aplikasi PeduliLindungi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setiaji pun berharap, masyarakat menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan disiplin check in saat beraktivitas di ruang publik.

“Aplikasi ini akan terus kami kembangkan dan optimalkan ke depan dengan berbagai fitur baru yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. Maka dari itu, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik,” imbuh Setiaji.

3 PeduliLindungi penting untuk screening

Hore! Aplikasi PeduliLindungi Dapat Diakses Lagi di App StoreIlustrasi QR code Pedulilindungi. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, aplikasi PeduliLindungi digunakan untuk penanganan pandemik COVID-19. Salah satu fungsinya yakni melakukan screening terutama di 6 aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Screening tersebut berupa screening status vaksinasi dan juga status tes swab.

"Enam aktivitas tersebut antara lain pertama, aktivitas perdagangan, perdagangan modern seperti mal atau departemen store, maupun perdagangan secara tradisional seperti pasar dan toko-toko tradisional," katanya, Kamis (7/10/2021) lalu.

Baca Juga: Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster di PeduliLindungi, Ini Caranya 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya