IMS 2020: Royalti Musik Kian Kecil, Maia Banting Setir ke Dunia Bisnis

Maia Estianty tampil di acara #IMS2020

Jakarta, IDN Times - Musisi Maia Estianty akhirnya menjelaskan alasannya pensiun dari dunia musik yang selama ini membesarkan namanya. Maia menilai royalti yang didapatnya dari dunia musik kini semakin kecil. 

"Perubahan royalti pasti ada, sekarang saya merasakan dunia musik Indonesia semakin mengecil (royalti), makanya aku memutuskan pensiun dari dunia musik," kata Maia di ajang Millennial Summit 2020 yang digelar IDN Media di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (17/1).

Maia mengatakan lagu Sang Penggoda yang ia rilis pada April 2018 merupakan lagu terakhir darinya. Setelah itu ia tak lagi berniat menciptakan lagu.

"Aku sudah enggak mau lagi bikin lagu, mungkin terakhir aku bikin lagu Sang penggoda. Itu pun dipaksa, dibujuk banget untuk jadi produser. Aku bilang ngapain cari duit di situ sedangkan aku sudah enggak 'bangun' lagi ya kan, jadi aku akhirnya banting setir ke dunia  bisnis, lebih yang yang jelas ATM-nya tiap hari," katanya.

Maia mengatakan penghasilan sebagai musisi tidak selalu ada tiap bulan, terlebih royalti diberikan tiap tiga atau enam bulan sekali.

"Lha kalau dapat uang tiga atau enam bulan sekali tiap hari kita mau makan apa? Kecuali setiap hari (bernyanyi), sedangkan aku kan sudah pensiun," ujar istri pengusaha, Irwan Mussry tersebut. 

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times  juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/H0RkJDNJasA

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya