Jokowi-Ma'ruf Dilantik, Ini Harapan Para Pengemudi Ojek Online

3 tahun lalu penghasilan ojol bisa Rp300 ribu setengah hari

Jakarta, IDN Times - Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 pada pukul 14.30 WIB di Gedung MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10).

Semua lapisan masyarakat mempunyai harapan dan keinginan pada pemerintahan Jokowi periode kedua ini, termasuk pengemudi ojek online (ojol).

Puluhan ojol memarkirkan sepeda motor di pinggir jalan masuk Stasiun Tebet. Suara mereka bersahutan memanggil para konsumen. Di momen pelantikan presiden dan wakil presiden hari ini, banyak ojol yang masih mengeluhkan susah mencari penumpang.

Pengemudi ojol, Zulaedi mengungkapkan selama lima tahun Jokowi-JK memimpin tanah air, banyak perubahan yang dilakukan termasuk lahirnya transportasi online. Kendati demikian, Zulaedi mengakui semakin hari atau bertambah tahun susah mencari penumpang.

"Sekarang saingan banyak tidak hanya jumlah driver namun juga jumlah perusahaan semakin banyak," terangnya.

Tiga tahun lalu, dia bisa membawa pulang Rp300 ribu setengah hari, namun saat ini dia hanya membawa Rp250 ribu itu dari pagi sampai pagi lagi.

Dia berharap Jokowi membatasi jumlah perusahaan transportasi online agar pemasukan bisa kembali normal.

Lain hal dengan pengemudi ojol bernama Apriadi, selain mengeluhkan susahnya mencari penumpang, dia meminta agar ojol bisa menjadi transportasi umum.

"Harapannya ojol nantinya bisa jadi transportasi umum sehingga bisa dapat kepastian hukum dan jaminan sosial, apalagi kami kerja di jalan yang risiko lebih besar," ucapnya.

Jokowi-Ma'ruf akan dilantik menjadi Presiden-Wakil Presiden RI hari ini. Pelantikan ini menandai dimulainya pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua 2019-2024.

Baca Juga: Cucu Bung Hatta Puji Program Jokowi soal Beasiswa LPDP

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya