Jokowi Pastikan Hunian Tetap Korban Gempa Palu Ditempati Sebelum 2020

Proses pembebasan lahan hambat pembangunan huntara

Palu, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memastikan korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Palu bisa menempati hunian tetap sebelum Hari Raya Lebaran pada 2020.

"Pembebasan lahan sudah dipercepat oleh PUPR, sehingga tidak ada lagi masalah, jadi korban bencana bisa menempati hunian tetap sebelum Lebaran 2020," ujar Jokowi usai meninjau hunian tetap di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (29/10).

1. Proses pembebasan lahan sempat hambat pembangunan hunian tetap

Jokowi Pastikan Hunian Tetap Korban Gempa Palu Ditempati Sebelum 2020IDN Times/Dini suciatiningrum

Kendati demikian, Jokowi mengakui bahwa proses perkembangan proyek tersebut memang agak terhambat oleh masalah pembebasan lahan.

Namun, dia memastikan masalah tersebut sudah ditangani setelah menghubungi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

"Setelah lebih dari setahun memang progresnya agak lambat karena masalah yang berkaitan dengan lahan, pembebasan lahan, terutama untuk relokasi hunian tetap. Tapi kalau yang bangun individu, ini sebagian sudah berjalan. Tapi tadi saya pastikan dari pak gubernur, bupati yang ada, saya telepon Menteri (Agraria dan Tata Ruang), Alhamdulillah urusan lahan sudah rampung," jelasnya.

2. 11 ribuan hunian disiapkan untuk relokasi

Jokowi Pastikan Hunian Tetap Korban Gempa Palu Ditempati Sebelum 2020IDN Times/Dini suciatiningrum

Presiden Jokowi menambahkan setelah masalah lahan selesai, maka yang dikerjakan adalah proses lelang. Setelah proyek hunian tetap Duyu dan Tondo selesai, proyek serupa di Kabupaten Sigi juga akan dilelangkan, sebelum masuk ke tahapan konstruksi

"Ini bukan pekerjaan kecil, ada 11 ribu hunian rumah yang harus kita siapkan untuk relokasi. Contohnya di sini yang sudah siap dikerjakan untuk 450 rumah. Di Sigi 1.500 rumah, tetapi yang dalam proses lelang ada 500 rumah. Ini juga semuanya seperti itu," jelasnya.

Baca Juga: [FOTO] Mobil Pikap Berhasil Dievakuasi  Setahun Pasca-Tsunami Palu

3. Hunian tetap di Duyu selesai akhir tahun

Jokowi Pastikan Hunian Tetap Korban Gempa Palu Ditempati Sebelum 2020IDN Times/Dini suciatiningrum

Jokowi berharap proses konstruksi bisa segera dimulai di awal tahun. Pengerjaan konstruksi hunian tetap Duyu akan dilakukan secara pararel dengan proyek di Sigi pada Januari 2020.

"Kita harapkan pertengahan sampai akhir tahun ini bisa diselesaikan semuanya," imbuhnya.

4. Pemerintah akan perbaiki fasilitas publik

Jokowi Pastikan Hunian Tetap Korban Gempa Palu Ditempati Sebelum 2020ANTARA FOTO/Oscar Motuloh

Pemerintah juga akan memperbaiki fasilitas-fasilitas publik seperti bandara dan pelabuhan. Menurut Presiden Jokowi, perbaikan akan segera dilakukan setelah proses lelang selesai karena anggaran untuk rehabilitasinya sudah siap.

"Tetapi juga ini butuh waktu. Ini masih dalam proses lelang dan segera dikerjakan sudah selesai," ujarnya.

Baca Juga: Tiba di Palu, Mensos Juliari Batubara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya