Kapolda Metro Pastikan Personel Kawal Demo Buruh Tak Bawa Senjata Api

Sebanyak 3.454 personel diterjunkan untuk kawal demo buruh

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi memastikan anggota kepolisian yang ditugaskan untuk mengawal aksi penyampaian pendapat di Hari Buruh pada Rabu (1/5/2024) tidak akan membawa senjata api.

Ade mengatakan hal tersebut sesuai SOP pengamanan aksi penyampaian pendapat di muka umum. Selain itu, polisi akan mengedepankan pengawalan yang humanis, persuasif dan preventif di May Day besok.

"Artinya anggota dilarang membawa senjata api dan besok akan dilakukan pengecekan oleh masing-masing perwira pengendali, oleh teman-teman Kapolres saat melakukan apel persiapan pengamanan," ujar Ade pada wartawan, Selasa (30/4/2024). 

1. Sebanyak 3.454 personel kawal demo buruh

Kapolda Metro Pastikan Personel Kawal Demo Buruh Tak Bawa Senjata ApiIlustrasi polisi .(Dok.Polres Bantul)

Ary mengatakan pihaknya menerjunkan 3.454 personel untuk kawal aksi buruh yang akan dilakukan di Stadion Madya Senayan hingga Patung Kuda, Jakarta Pusat.

“Ada 3.454 personil gabungan Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI yang siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan hari buruh,” ujarnya.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Terjunkan 3.454 Personel Kawal Demo Buruh Besok

2. Rekayasa lalu lintas dilakukan situasional

Kapolda Metro Pastikan Personel Kawal Demo Buruh Tak Bawa Senjata ApiIlustrasi petugas Dishub. Dok. humas Pemprov DKI

Ade menerangkan untuk rekayasa lalu lintas akan akan dilakukan secara situasional oleh petugas di lapangan yang berada di sejumlah titik.

"Nanti secara situasional dilakukan langkah-langkah kepolisian untuk menciptakan kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas )," paparnya

Baca Juga: Ribuan Buruh Siap Ramaikan Aksi May Day Besok, Ini Daftar Tuntutannya

3. Demo diimbau dilakukan secara damai

Kapolda Metro Pastikan Personel Kawal Demo Buruh Tak Bawa Senjata ApiFoto capres Partai Buruh warnai Demo Hari Buruh di Surabaya, Senin (1/5/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Ade mengimbau agar penyampaian pendapat bisa dilakukan secara aman dan damai serta menghormati satu sama lainnya karena dilakukan di tempat umum.

"Kami siap melakukan pengamanan dan pengawalan dan masyarakat tidak perlu khawatir, akan dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya