Kebakaran Hebat Hanguskan 40 Kamar Hotel Jambuluwuk di Gili Trawangan

Kebakaran terjadi saat ramai wisatawan

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hebat melanda Hotel Oceano Resort Jambuluwuk di Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang,  Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (30/7/2022), sekira pukul 19.15 Wita.

Dari informasi yang dihimpun, dikabarkan ada sekira 40 kamar beratap ilalang hangus ludes terbakar api saat pulau tersebut sedang ramai dikunjungi wisatawan.

Seperti dikutip ANTARA, Ketua Gili Hotels Association (GHA) Lalu Kusnawan yang dihubungi dari Mataram, Sabtu malam, membenarkan peristiwa kebakaran bangunan Hotel Oceano Resort Jambu Luwuk yang terbuat dari kayu beratapkan rumput ilalang.

1. Para wisatawan dievakuasi

Kebakaran Hebat Hanguskan 40 Kamar Hotel Jambuluwuk di Gili TrawanganDelman di sekitar Pearl of Trawangan untuk menjelajah Gili Trawangan (IDN Times/Naufal Al Rahman)

Kusnawan mengatakan sejumlah wisatawan yang menginap di hotel dekat lokasi kebakaran sudah dievakuasi ke tempat lebih aman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Apalagi saat ini Gili Trawangan sedang dalam musim ramai kunjungan wisatawan.

Baca Juga: Dampak Kebakaran Pabrik Pupuk Mranggen, Warga Keluhkan Asap Bau Mercon

2. Mobil Damkar tidak tersedia di pulau tersebut

Kebakaran Hebat Hanguskan 40 Kamar Hotel Jambuluwuk di Gili TrawanganPetugas Damkar Bojonegoro saat memadamkan api di pabrik penyulingan minyak kayu putih. Dok Damkar Bojonegoro

Kusnawan menegaskan masyarakat melakukan upaya pemadaman dengan mengandalkan alat seadanya karena tidak ada mobil pemadam kebakaran di pulau tersebut.

"Saya bersama warga juga masih berupaya agar api tidak menjalar ke tempat lain," kata pria yang juga Ketua Indonesian Hotel General Manager (IHGMA) NTB itu.

3. Tujuh gardu PLN dipadamkan saat kebakaran

Kebakaran Hebat Hanguskan 40 Kamar Hotel Jambuluwuk di Gili TrawanganIlustrasi Kebakaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Tanjung, Citra Rezki Maharani mengatakan, petugas PLN langsung bergerak cepat mengamankan instalasi listrik di lokasi kebakaran.

"Sebanyak tujuh gardu dipadamkan untuk pengamanan dan mencegah dampak lebih luas," katanya.

Baca Juga: Hotel di Gili Trawangan Kebakaran, Listrik Satu Pulau Padam

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya