Keluarga Korban KRI Nanggala  Terima Tabungan Rp100 Juta dari Kemensos

Kemensos juga berikan pendampingan psikososial

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan dan santunan bagi ahli waris keluarga korban tragedi KRI Nanggala 402 perairan utara Bali. Salah satunya keluarga Letda Laut (T) Rintoni yang berada di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, yang menerima santunan dari Kementerian Sosial Rp15 juta.

“Saya langsung menyerahkan buku tabungan senilai Rp100 juta per anak sebagai bantuan pendukung pemenuhan kebutuhan dasar untuk anak dan bayi yang masih dalam kandungan,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam siaran tertulis, Minggu (2/4/2021).

Baca Juga: 11 Potret Haru Keluarga Lepas ABK KRI Nanggala-402 Lewat Tabur Bunga

1. Letda Laut (T) Rintoni meninggalkan dua anak

Keluarga Korban KRI Nanggala  Terima Tabungan Rp100 Juta dari KemensosMenteri Sosial RI Tri Rismaharini berikan tabungan Rp100 juta /dok Kemensos

Almarhum Letda Laut (T) Rintoni meninggalkan seorang istri bernama Mawar dan dua anak, yaitu Rilin yang berusia enam tahun dan masih duduk di bangku TK IT. Kemudian anak kedua bernama Hilya yang masih berusia 16 bulan.

Mawar adalah seorang guru honorer Bahasa Inggris di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta di Jatisrono.

Dalam acara penyerahan tersebut, hadir Bupati Wonogiri, Wakil Bupati Wonogiri, Kadinsos Kabupaten Wonogiri, TKSK Bulukerto, serta aparat desa setempat.

2. Mensos juga serahkan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar bayi dan anak

Keluarga Korban KRI Nanggala  Terima Tabungan Rp100 Juta dari KemensosMensos Tri Rismaharini serahkan santunan kematian kepada 51 ahli waris keluarga prajurit KRI Nanggala-402 (dok. Kemensos)

Sebelumnya, Mensos juga menyerahkan bantuan pendukung pemenuhan kebutuhan dasar untuk anak dan bayi dalam kandungan yang ditinggalkan, masing-masing Rp100 juta pada keluarga prajurit lain. Ada juga piagam penghargaan atau kehormatan untuk korban.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat meringankan sebagian beban keluarga yang ditinggalkan,” kata Risma.

3. Keluarga korban mendapatkan pendampingan psikososial

Keluarga Korban KRI Nanggala  Terima Tabungan Rp100 Juta dari KemensosMensos Tri Rismaharini serahkan santunan kematian kepada 51 ahli waris keluarga prajurit KRI Nanggala-402 (dok. Kemensos)

Selain itu, Kemensos juga terus memantau dan memastikan keluarga korban tragedi KRI Nanggala 402 mendapatkan pendampingan psikososial.

“Kami akan kirimkan petugas untuk penanganan trauma. Yang dari daerah sudah berjalan melalui balai-balai kami. Mudah-mudahan dengan ini membantu meringankan beban empat keluarga prajurit,” kata Risma.

Baca Juga: Keluarga KLS Gunadi Mengaku Ikhlas Usai Tabur Bunga KRI Nanggala-402

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya