Kemenkes Buka Vaksinasi bagi Semua Lansia di Jakarta, Daftar Disini

Pendaftaran vaksinasi lansia mulai hari ini

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuka pendaftaran vaksinasi COVID-19 untuk semua lansia di Ibu Kota, baik yang memegang KTP DKI maupun bukan DKI Jakarta. Pendaftaran bertempat di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Jakarta, Kampus Hang Jebat DKI Jakarta, Senin (22/3/2021).

"Pendaftaran vaksinasi COVID-19 dibuka untuk Lansia KTP DKI dan Non-DKI dimulai 22 Maret di BBPK Jakarta, Kampus Hang Jebat," tulis Kemenkes melalui akun Instagram @kemenkes_ri.

Baca Juga: Kabar Baik! Lansia Jakarta Non-KTP DKI Bisa Ikut Vaksinasi di Istora

1. Cara daftar vaksinasi lansia

Kemenkes Buka Vaksinasi bagi Semua Lansia di Jakarta, Daftar DisiniVaksinasi bagi Nakes yang berumur di atas 60 tahun atau Lansia (Dok. Kemenkes)

Mekanisme pendaftaran dilakukan secara daring melalui loket.com/event/vaksinbbpk. Lansia yang boleh mendaftar harus berusia 60 tahun ke atas.

Pendaftaran dapat dilakukan pada Senin sampai Sabtu dengan perincian jam operasional yakni Senin - Jumat (kecuali libur nasional) pukul 08.00 - 12.00 WIB dan 13.00 - 16.00 WIB.

Khusus Sabtu, pendaftaran hanya dilayani pada pukul 08.00 - 12.00 WIB.

 

2. Sentra vaksinasi mempercepat target cakupan vaksinasi COVID-19

Kemenkes Buka Vaksinasi bagi Semua Lansia di Jakarta, Daftar DisiniSentra vaksinasi BUMN di PRPP Jawa Tengah Kota Semarang. Dok. Humas Pemkot Semarang

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan, keberadaan sentra vaksinasi bakal mempercepat pemerintah dalam mencapai target cakupan vaksinasi COVID-19.

Dante mengatakan, sentra vaksinasi ini merupakan gerakan, karena dengan gerakan maka semua sektor di masyarakat dan semua elemen di masyarakat akan berperan.

“Sentra-sentra vaksinasi seperti ini diperlukan karena dapat mempercepat vaksinasi. Percepatan itu perlu dibiasakan kalau kita melakukan vaksinasi,” katanya seperti dilansit laman kemkes.go id.

3. Kemenkes optimistis vaksinasi 181,5 juta penduduk tercapai

Kemenkes Buka Vaksinasi bagi Semua Lansia di Jakarta, Daftar DisiniANTARA FOTO/Fauzan

Jika vaksinasi dilakukan berdasarkan fasilitas kesehatan yang dimiliki Kementerian Kesehatan secara eksklusif, maka  target vaksinasi 181,5 juta orang tidak akan tercapai.

“Kecepatan kita sampai saat ini kira-kira yang sebelumnya 10 ribu sampai 100 ribu per hari sekarang sudah menjadi 300 ribu sampai 380 ribu per hari. Ini berkat adanya sentra-sentra vaksinasi seperti ini,” ucap Dante.

Ia menambahkan, jumlah vaksin secara bertahap akan ditambah terus. Jadi saat ini Pemerintah Indonesia sudah punya kira-kira 30 juta dosis vaksin sampai akhir bulan Maret. Nanti stok vaksin akan ditambah lagi sehingga stok vaksin akan berkecukupan.

Baca Juga: Jokowi Gratiskan Vaksin COVID-19, BI Bantu Danai Pengadaan Vaksin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya