Comscore Tracker

Kemenkes Masih Rawat Seorang Jemaah  Haji ONH Plus Post Stroke

Tim perawat Kemenkes penuhi kebutuhan jemaah

Jakarta, IDN Times - Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, merawat seorang jemaah ONH Plus berusia 62 tahun dengan diagnosa post stroke.

Tim dokter KKHI Madinah, Rifky Mubarak, mengatakan jemaah tersebut sudah dirawat di KKHI Madinah sejak 25 Juli 2022. Sebelumnya yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit Madinah Grand Hospital, dan dipulangkan ke KKHI untuk menjalani pemulihan.

"Yang bersangkutan mengalami Hemiparesis duplex, yaitu adanya kelemahan dari empat anggota gerak. Selain itu juga adanya penurunan kognisi baik kesadaran maupun kemampuan komunikasi dan verbal," ujarnya melalui siaran tertulis, Selasa (9/8/2022).

 

Baca Juga: Simposium Haji Akbar di Arab Saudi, Wamenag Sebut 4 Dimensi Haji

1. Jemaah masih bisa merespon baik

Kemenkes Masih Rawat Seorang Jemaah  Haji ONH Plus Post StrokeIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Dia menerangkan selama dirawat di KKHI Madinah, jemaah tidak dipasangkan alat bantu nafas dan selang makan. Menurut Rifky yang bersangkutan masih memiliki respon menelan yang cukup baik

“Beliau mampu menelan dan tidak tersedak, jadi kita tidak pasangkan selang makan” ujarnya.

2. Pasien lakukan proses pemulihan

Kemenkes Masih Rawat Seorang Jemaah  Haji ONH Plus Post StrokeIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Selama menjalani proses pemulihan, yang bersangkutan mendapatkan terapi fisik pasif secara rutin untuk mengurangi pelemahan otot dan perlengketan sendi. Terapi dilakukan mulai dari terapi duduk, anggota gerak tangan dan kaki.

“Kita bangunkan dengan tetap bersandar pada bed (tempat tidur) secara perlahan, dimulai dari 450, kemudian 600 selama 10 menit. Kalau tensinya bagus bisa sampai posisi tegak 900 selama lima menit, terus diulang selama 30-60 menit per hari,” kata Rifky.

Baca Juga: Kasus Meningkat, 34 Jemaah Haji NTB Positif COVID-19 

3. Tim penuhi kebutuhan pasien

Kemenkes Masih Rawat Seorang Jemaah  Haji ONH Plus Post StrokeSeorang calon haji melambaikan tangannya di atas bus saat akan diberangkatkan di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/7/2022). Sebanyak 161 jamaah calon haji kloter terakhir embarkasi Makassar asal Kabupaten Jeneponto diberangkatkan ke Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Sementara Koordinator Perawat KKHI Madinah, Ns Okta Mustikalah mengatakan, selama dirawat di KKHI Makkah, tim perawat juga menyiapkan kebutuhan dasar pasien, mulai dari memandikan, memberikan makan, dan sebagainya. Terapi obat juga diberikan sesuai dengan rekomendasi dokter penanggung jawab pelayanan.

“Dalam masa perawatan di sini, tidak terlalu banyak kendala bagi kami sebagai perawat. Kondisi vital pasien juga secara umum bagus mulai dari tekanan darah, hingga pernafasan” ujarnya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya