Kementerian Sosial Salurkan BST ke 102.727 KK di Kabupaten Tangerang

Bantuan Sosial Tunai disalurkan bagi 9 juta KK di daerah

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 102.727 kepala keluarga (KK), Sabtu (25/4). BST adalah bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan atau kelompok rentan yang terkena dampak virus corona atau COVID-19, yang belum menerima bansos reguler, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako.

"Bantuan Sosial Tunai disalurkan bagi 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nilai bantuan Rp600 ribu per KPM per bulan selama tiga bulan dan dimulai April, Mei, Juni 2020," ujar Mensos Juliari P Batubara, dalam siaran tertulis, Minggu (26/4).

1. Mekanisme BST disalurkan melalui PT Pos dan transfer langsung melalui rekening

Kementerian Sosial Salurkan BST ke 102.727 KK di Kabupaten TangerangMenteri Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/4) (Doc. Kemensos)

Mekanisme BST disalurkan langsung ke rumah-rumah penerima manfaat melalui PT Pos Indonesia bagi penerima yang tidak memiliki rekening di bank Himbara, seperti BNI, Mandiri, BRI dan BTN. Sedangkan bagi penerima yang memiliki rekening di bank jaringan Himbara langsung ditransfer.

“Data penerima manfaat diinput oleh Pemda, lalu kami cek dan dipastikan yang menerima BST adalah bukan penerima PKH dan bansos sembako,” ujar Mensos.

Kementerian Sosial Salurkan BST ke 102.727 KK di Kabupaten Tangerang(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Pemprov DKI Targetkan 1,2 Juta Keluarga Terima Bansos selama PSBB

2. BST dilaksanakan di seluruh Indonesia kecuali beberapa daerah

Kementerian Sosial Salurkan BST ke 102.727 KK di Kabupaten TangerangKemensos Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Tangerang, Sabtu ( 25/4)/ dok Kemensos

BST dilaksanakan di seluruh Indonesia, kecuali Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kabupaten Bogor (meliputi Kecamatan Cibinong, Kecamatan Gunung Putri, Kecamatan Klapanunggal, Kecamatan Bojonggede, Kecamatan Jonggol, Kecamatan Cileungsi, dan Kecamatan Citeureup), Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, serta Kota Bekasi.

“BST dilaksanakan di 33 provinsi dan ada pengecualian, karena di beberapa lokasi tersebut sudah diberikan Bantuan Sosial Sembako oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial,” kata Mensos.

3. Proses penyaluran BST oleh PT Pos Indonesia kepada sejumlah KPM di wilayah PSBB

Kementerian Sosial Salurkan BST ke 102.727 KK di Kabupaten TangerangKemensos Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Tangerang, Sabtu ( 25/4)/ dok Kemensos

Proses penyaluran BST oleh PT Pos Indonesia kepada sejumlah KPM di beberapa wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), seperti di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, serta Kabupaten Tangerang yang telah dilaksanakan sejak Rabu (22/4).

Untuk Provinsi Banten di wilayah II, disalurkan di enam kabupaten/kota, yaitu Kota Cilegon 15.867 KK, Kota Serang 16.344 KK, Kabupaten Lebak 82.198 KK, Kabupaten Pandeglang 54.806 KK, Kabupaten Serang 71.327 KK, serta Kabupaten Tangerang 102.727 KK. Total dari alokasi pagu sebanyak 343.269 KK.

4. Kementerian Sosial menyalurkan jaring pengaman sosial anggaran tahun lalu Rp62,7 triliun

Kementerian Sosial Salurkan BST ke 102.727 KK di Kabupaten TangerangKemensos Sosial menyalurkan paket sembako, Sabtu ( 25/4)/ dok Kemensos

Anggota Komisi VIII DPR RI, M Ali Taher mendukung penuh Kementerian Sosial dalam pelaksanaan penyaluran program jaring pengaman sosial yang anggaran tahun lalu Rp62,7 triliun.

“Tahun ini mendapat anggaran Rp104 triliun, dan tentu saja DPR RI Komisi VIII memberikan apresiasi kepada Kemensos yang melibatkan semua pihak untuk berpartisipasi pada acara ini, “ kata Ali.

Baca Juga: 221.327 KK Belum Dapat Bansos, Pemkot Depok Kelabakan soal Anggaran?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya