Kenalkan Kuliner Betawi di 94 Mal, FJGS Targetkan Rp6,5 Triliun 

FJGS digelar sampai 21 Juli 2023

Jakarta, IDN Times - Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2023 digelar serentak di 94 pusat perbelanjaan/mal di lima wilayah kota, pada 21 Mei-21 Juli 2023. FJGS menargetkan penjualan sebesar Rp6,5 triliun. 

Ketua Pelaksana FJGS 2023 Mualim Wijoyo berharap acara ini mampu menjadi simbol kegiatan sektor ritel yang sempat lesu saat pandemik COVID-19 menerjang tanah air. 

“Kami optimistis penyelenggaraan event ini mampu mencapai target penjualan sebesar Rp6,5 triliun. Optimisme ini seiring dengan kebijakan PPKM yang telah dicabut,” ujar Mualim dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Baca Juga: Lebaran Betawi, Heru Kenang Momen Haru Tentang Foke 

1. Festival libatkan UMKM suguhkan kuliner Betawi

Kenalkan Kuliner Betawi di 94 Mal, FJGS Targetkan Rp6,5 Triliun Peresmian FJGS 2023 (dok. PPID Jakarta)

Sementara Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono mengapresiasi gelaran Festival Kuliner Betawi yang diselenggarakan di Central Park Mall pada 21-23 Mei 2023 dan FJGS. 

Heru mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta. Selain itu, FJGS bertujuan meningkatkan dan menggerakkan roda perekonomian di DKI Jakarta. 

"Festival tersebut melibatkan sekitar sebelas tenant UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta. Mereka menyajikan makanan khas Betawi, dari makanan pembuka seperti dodol betawi, hidangan utama seperti asinan juhi dan kerak telur, hingga makanan penutup seperti es podeng," ujar Heru.

Baca Juga: Tak Gagap Ibu Kota Pindah, Lebaran Betawi Momentum Perkuat Betawi 

2. Angkat kuliner Betawi lebih dikenal

Kenalkan Kuliner Betawi di 94 Mal, FJGS Targetkan Rp6,5 Triliun Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Jakarta Great Sale (FJGS). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo menambahkan, pihaknya bersinergi bersama berbagai pihak, termasuk pengusaha mal dan ritel untuk mengenalkan kuliner dan budaya betawi. 

“Ajakan Pak Pj Gubernur ini adalah bentuk kepedulian beliau untuk mengangkat kuliner dan budaya Betawi semakin dikenal luas di masyarakat. Karena ternyata banyak makanan dan camilan Betawi yang rasanya enak dan cocok di lidah banyak orang," jelas Ratu.

Baca Juga: Coldplay Konser di Jakarta 15 November, Hotel Sekitar GBK Diserbu

3. Dinas UMKM miliki berbagai program berkelanjutan

Kenalkan Kuliner Betawi di 94 Mal, FJGS Targetkan Rp6,5 Triliun Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Jakarta Great Sale (FJGS). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ratu juga menambahkan, Dinas UMKM Pemprov DKI memiliki berbagai program yang secara berkelanjutan dilakukan untuk memajukan UMKM Jakarta. Salah satunya, menggandeng UMKM binaan untuk mengikuti berbagai event atau bazar, seperti pada Festival Kuliner Jakarta yang diselenggarakan di mal.

FJGS telah dibuka di Central Park Mal, Jakarta Barat, pada Minggu (21/5/2023). Pada acara pembukaan dilakukan juga penyerahan atribut ulang tahun DKI Jakarta yang ke-496 kepada sejumlah pihak.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya