Kisah Inspiratif Seorang Tunanetra yang Berhasil Jadi Dosen Tetap 

Penuh perjuangan dan ketabahan

Jakarta, IDN Times - Penyandang tunanetra kerap kali dicap sebagai tukang pijat atau jualan kerupuk. Namun pandangan tersebut berhasil dipatahkan oleh Ramaditya Adikara.

Rama terpilih menjadi dosen tetap pengajar komputer dan kepribadian di sebuah kampus di Indonesia. Pada IDN Times, Rama menceritakan perjalanan hingga bisa menjadi pengajar layaknya dosen lain.

1. Sejak kecil sudah bercita-cita jadi guru

Kisah Inspiratif Seorang Tunanetra yang Berhasil Jadi Dosen Tetap IDN Times/Dini Suciatiningrum

Terlahir dengan kekurangan, tidak membuat Rama putus asa. Sejak kecil, Rama ingin menjadi guru, beruntung orangtua Rama selalu membimbing dan mensupport Rama hingga akhirnya bisa menyelesaikan studi S2 di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Dia menggeluti dunia teknologi, berkat keuletannya dia menjadi komposer game yang mengantarkannya menjadi bintang tamu di Kick Andy. "Alhamdulilah cita-cita saya kesampaian setelah tampil di Kick Andy," ucapnya, Minggu (8/9).

Baca Juga: Hebat! Gamer Tuna Netra Ini Capai 7.600 Kills di Call of Duty: WWII

2. Rama lulus seleksi dosen

Kisah Inspiratif Seorang Tunanetra yang Berhasil Jadi Dosen Tetap IDN Times/Dini Suciatiningrum

Usai tampil, lanjut Rama, dia mendapat pesan pendek dari Suarna yang merupakan trainer sekaligus pemilik LP3I di Pondokgede, Bekasi yang berisi tawaran menjadi dosen di kampus tersebut.

Rama tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, dia resmi menjadi dosen pada awal Maret 2012.

"Saya juga mengikuti proses wawancara dan dinilai memang layak serta lulus menjadi dosen. Saat itu saya memberi kuliah umum untuk seluruh mahasiswa mulai dari tingkat 1 hingga tingkat 3," ujar Rama yang juga seorang motivator.

3. Pasang aplikasi tambahan untuk mengajar

Kisah Inspiratif Seorang Tunanetra yang Berhasil Jadi Dosen Tetap Instagram/ramadityaknight

Dia mengaku tidak ada kesulitan ketika mengajar di kampus. Rama mengungkapkan perkembangan dunia teknologi membuat pekerjaan mudah.

"Saya memasang aplikasi-aplikasi khusus di notebook, semisal aplikasi pembaca layar. Dengan aplikasi ini saya bisa mengetahui isi notebook dengan mendengarkan informasi yang telah diubah ke bentuk suara. 

Saat presentasi materi pun dijalankan tanpa asisten, murni menggunakan PowerPoint dan Youtube.

"Saat ini semua serba digital jadi saya berikan tugas juga bentuk digital begitu juga tugas dari mahasiswa," terangnya.

4. Menghafal 100 jenis suara mahasiswa

Kisah Inspiratif Seorang Tunanetra yang Berhasil Jadi Dosen Tetap IDN Times/Dini Suciatiningrum

Tantangan terbesar bagi dia sebagai penyandang tunanetra saat berkomunikasi dengan mahasiswa. Untuk mengenal mahasiswa dia menghafal lebih dari 100 jenis suara.

"Memang susah, namun bisa diakali dengan menandai mahasiswa yang paling banyak bicara, lalu bertahap ke mereka-mereka yang lebih pendiam," ucapnya.

Baca Juga: Temukan Bocah Tuna Netra dan Tidak Mampu, Risma Kirim Tim Dokter

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya