Kondom Bekas Berserakan di Taman Jakbar, DPRD: Distamhut Evaluasi 

Pemkot Jakbar ubah RTH jadi taman pasif

Intinya Sih...

  • Komisi D DPRD DKI meminta evaluasi besar-besaran terhadap temuan kondom bekas di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tubagus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan
  • Ida Mahmudah mengimbau Pemprov DKI Jakarta mengecek CCTV untuk meningkatkan pengawasan di RTH

Jakarta, IDN Times - Komisi D DPRD DKI meminta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta melakukan evaluasi besar-besaran soal temuan kondom bekas yang berserakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jalan Tubagus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

"Dinas Kehutanan harus evaluasi besar-besaran soal taman tersebut, kenapa ada kondom yang sangat banyak di sana?" ujar Ketua Komisi D DPRD DKI, Ida Mahmudah, kepada jurnalis, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga: Ahok Buka Podcast Tanya Jawab soal Jakarta, Sinyal Maju Pilkada DKI?

1. Petugas diminta cek CCTV berkala

Kondom Bekas Berserakan di Taman Jakbar, DPRD: Distamhut Evaluasi ilustrasi CCTV (pexels.com/Atypeek Dgn)

Ida mengimbau Pemprov DKI Jakarta mengecek kamera pengawas (CCTV) untuk meningkatkan pengawasan menyusul penemuan banyaknya kondom.

"Kita bisa lihat apakah CCTV selama ini berjalan atau tidak, jadi bisa dievaluasi," katanya.

Baca Juga: Layanan RSUD Jakarta Lamban, Ketua DPRD: Banyak Warga Jadi Korban

2. Pengurus RT dan RW harus koordinasi

Kondom Bekas Berserakan di Taman Jakbar, DPRD: Distamhut Evaluasi Salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di depan Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Ida juga mendesak Pemprov DKI berkoordinasi dengan pengurus RW dan RT untuk melakukan pengawasan bersama di RTH. Pasalnya, taman harus menjadi lokasi yang aman bagi masyarakat.

"Kalau sifatnya dekat dengan rumah kita RTH-nya atau pas jalan ke kantor, mungkin masih bisa terpantau, karena taman tersebut harapannya untuk masyarakat terdekat, harus dijaga betul," imbuhnya.

Baca Juga: Tersangka Kasus Mayat Perempuan Dalam Koper Ditangkap di Rumah Istri

3. Pemkot Jakbar akan ubah jadi taman pasif

Kondom Bekas Berserakan di Taman Jakbar, DPRD: Distamhut Evaluasi Ilustrasi. RTH Taman Kamboja, Banjarmasin Tengah.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menginstruksikan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota setempat untuk menjadikan RTH di Jalan Tubagus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan sebagai taman pasif.

"Saya segera minta ke Sudin Tamhut untuk segera tindaklanjuti kondisi taman itu. Jadi, taman untuk dilintasi aja. Jadi, paling tidak, di situ tak ada ruang buat nongkrong-nongkrong, buat ditanami saja," kata Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto ANTARA.

Penegasan dan instruksi tersebut karena temuan alat kontrasepsi berupa kondom yang berserakan di lokasi tersebut sehingga diduga tempat itu dipakai sebagai lokasi prostitusi ilegal.

Baca Juga: Tersangka Pembunuhan Perempuan Dalam Koper Bawa Kabur Rp43 Juta 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya