Korban Tewas Kebakaran Depo Plumpang Bertambah, Kini 23 Orang

Sebanyak 22 orang masih jalani perawatan di rumah sakit

Jakarta, IDN Times - Korban meninggal akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang masih bertambah. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat, sampai Selasa (14/3/2023) pukul 18.00, total 23 orang tewas akibat insiden itu.

"Masih ada 22 orang yang menjalani perawatan di empat rumah sakit di Jakarta," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Dirut Pertamina Ungkap Kebakaran Depo Plumpang Bukan dari Tangki

1. Sebanyak 82 orang masih dipengungsian

Korban Tewas Kebakaran Depo Plumpang Bertambah, Kini 23 OrangPara pengungsi kebakaran depo Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Isnawa mengatakan, untuk pengungsi 82 jiwa masih berada di posko pengungsian RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan.

"Sementara, lokasi pengungsian RPTRA Rasela dan Kantor PMI Jakarta Utara sudah tidak ada pengungsi yang tinggal," katanya.

2. Pemprov DKI pastikan korban dan pengungsi mendapatkan kebutuhan dasarnya

Korban Tewas Kebakaran Depo Plumpang Bertambah, Kini 23 OrangDampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Isnawa mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih terus berupaya melakukan penanganan terbaik bagi korban dan pengungsi bencana kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, yang terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam. Termasuk memastikan kondisi korban dan pengungsi mendapatkan kebutuhan dasarnya, seperti makanan dan pakaian melalui bantuan yang diberikan.

“Bantuan yang disalurkan ini terdiri dari makanan, pakaian, dan obat-obatan. Bantuan ini akan terus diupayakan untuk disalurkan secara optimal dan kontinyu. Hal ini adalah upaya kami untuk memastikan kondisi korban dan pengungsi dapat memenuhi kebutuhan dasarnya,” kata Isnawa.

3. Disdukcapil layani 442 permohonan administrasi penduduk korban depo Plumpang

Korban Tewas Kebakaran Depo Plumpang Bertambah, Kini 23 OrangAnak-anak yang terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang Jakut (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Isnawa mengungkapkan, BPBD DKI Jakarta  sampai saat ini mengirimkan 50 personel dan mendirikan 2 tenda pengungsi yang bertempat di RPTRA Rasela dan Wali Kota Jakarta Utara.

Sementara berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta di Plumpang, Posko PMI Jakarta Utara dan RPTRA Rasela telah melayani 442 layanan, di antaranya layanan cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), cetak Kartu Keluarga (KK), pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD), permohonan akta kelahiran dan kematian, serta konsultasi.

Baca Juga: Pertamina Rogoh Rp1,72 Miliar Bantu Korban Kebakaran Depo Plumpang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya