Korban Tewas Kebakaran Plumpang Bertambah 2 Hari Ini, Total 28 Orang

Sudah tidak ada warga di pengungsian

Jakarta, IDN Times - Korban meninggal akibat kebakaran depo Pertamina Plumpang terus bertambah. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji mengungkapkan berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta korban meninggal pada Jumat (17/3/2023) bertambah 2 orang sehingga total sebanyak 28 orang.

"Sedangkan, sebanyak 16 orang masih dalam penanganan tim medis di 2 rumah sakit. Pemprov DKI memastikan kondisi para korban dalam penanganan yang optimal," ujar Isnawa Adji dalam keterangan tertulis.

1. Tidak ada pengungsi korban kebakaran depo Plumpang

Korban Tewas Kebakaran Plumpang Bertambah 2 Hari Ini, Total 28 OrangJarak depo Pertamina Plumpang dengan permukiman warga hanya 5 meter. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Isnawa mengatakan Pemprov DKI Jakarta masih terus berupaya melakukan penanganan terbaik bagi korban dan pengungsi bencana kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, yang terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam.

"Namun, sejak Kamis (16/3/2023) pukul 18.00 WIB, berdasar data BPBD Provinsi DKI Jakarta sudah tidak terdapat pengungsi di posko pengungsian yang disediakan," imbuhnya.

Baca Juga: Bos Pertamina: 81,6 Hektare Depo Plumpang Dihuni Warga Tanpa Hak

2. Pemprov DKI Jakarta pastikan layanan terbaik

Korban Tewas Kebakaran Plumpang Bertambah 2 Hari Ini, Total 28 OrangKebakaran di Depo Pertamina Plumpang (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Isnawa mengatakan pihaknya telah bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyalurkan berbagai bantuan yang terdiri dari makanan, pakaian, obat-obatan dan berbagai kebutuhan dasar lainnya.

"Hal ini adalah upaya kami untuk memastikan pelayanan terbaik dan optimal untuk para korban,” kata Isnawa.

3. Disdukcapil telah melayani 442 layanan

Korban Tewas Kebakaran Plumpang Bertambah 2 Hari Ini, Total 28 OrangPara pengungsi kebakaran depo Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sementara itu, Isnawa memastikan korban terdampak kebakaran depo Plumpang juga mendapatkan layanan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta di Plumpang, Posko PMI Jakarta Utara dan RPTRA Rasela.

"Disdukcapil telah melayani 442 layanan, di antaranya layanan cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), cetak Kartu Keluarga (KK), pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD), permohonan akta kelahiran dan kematian, serta konsultasi," katanya.

Baca Juga: DPR Minta Hasil Investigasi Depo Plumpang Maksimal Sebulan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya