KPAI Ingatkan Risiko Pemudik Sepeda Motor Bawa Anak Saat Arus Balik 

Puncak arus balik diprediksi 6 sampai 8 Mei 2022

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengimbau orang tua mempersiapkan perjalanan balik usai Lebaran yang menyenangkan bagi anak.

Untuk itu, Susanto meminta orang tua sebaiknya tidak mengendarai sepeda motor bersama anak saat arus balik.

"Sebaiknya tidak bersama anak, karena berisiko bagi keselamatan anak," ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (4/5/2022).

1. Siapkan kebutuhan saat perjalanan

KPAI Ingatkan Risiko Pemudik Sepeda Motor Bawa Anak Saat Arus Balik Ilustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Susanto menyarankan agar orang tua mempersiapkan kebutuhan perjalanan secara baik seperti makanan, minuman, obat-obatan dan vitamin serta mainan edukatif secukupnya.

"Jika kondisi lelah, usahakan istirahat, jangan dipaksakan," imbaunya.

Baca Juga: 372.048 Kendaraan Mudik Tinggalkan Jakarta Sejak H-10 Lebaran

2. Pastikan anak merasa nyaman saat perjalanan

KPAI Ingatkan Risiko Pemudik Sepeda Motor Bawa Anak Saat Arus Balik IDN Times/Galih Persiana

Susanto menyatakan suksesnya mudik dan arus balik lebaran, bukan semata ditentukan oleh peran pemerintah saja namun juga pemerintah daerah, penyedia jasa transportasi, serta keluarga.

"Pastikan anak mendapatkan motivasi, semangat dan menikmati perjalanan arus balik agar ia merasa nyaman dan menyenangkan," imbuhnya.

3. Pemerintah prediksi puncak arus balik 8 Mei

KPAI Ingatkan Risiko Pemudik Sepeda Motor Bawa Anak Saat Arus Balik IDN Times/Galih Persiana

Pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 terjadi pada 6-8 Mei 2022. Oleh karena itu, Jokowi mengimbau warga kembali ke tempat asal lebih awal atau setelah puncak arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak/ibu dan saudara-saudara, yang melakukan perjalanan pribadi agar kembali lebih awal, atau kembali setelah puncak arus balik," ujar Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," sambungnya.

Baca Juga: Mulai 6 Mei, Ini Jadwal Contraflow Arus Balik di Tol Trans Jawa

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya