KPU DKI Terima 3 Pendaftar Cagub DKI Perseorangan, Siapa Saja?

Pemenuhan syarat sampai 12 Mei 2024

Jakarta, IDN Times - KPU DKI Jakarta menerima tiga syarat dukungan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang maju lewat jalur independen atau perseorangan Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Sampai hari ini sudah ada tiga bakal pasangan calon yang sudah konsultasi. Dari tiga bakal tersebut 2 yang sudah mengajukan akses SILON (Sistem Informasi Pencalonan)," ujar Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Penyelenggara Pemilu, Dody Wijaya, di Gedung KPU DKI, Jumat (10/5/2024).

1. Dua bakal cagub sudah minta SILON

KPU DKI Terima 3 Pendaftar Cagub DKI Perseorangan, Siapa Saja?Komisioner KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Penyelenggara Pemilu, Dody Wijaya di KPU DKI Jakarta, Jumat (10/5/2024)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Doddy membeberkan tiga bakal cagub yang sudah menyerahkan syarat dukungan adalah tim Pensiunan Jenderal Polri Komjen Purn. Dharma Pongrekun, kemudian mantan Co-captain Timnas Anies-Muhaimin, Sudirman Said, dan Noer Fajrieansyah.

"Jadi tiga dari bakal pasangan calon tersebut, sudah dua yang mengajukan akses SILON, yaitu Pak Dharma Pongrekun dan Pak Sudirman Said sudah mengajukan akses SILON," katanya.

Baca Juga: Alasan Duet Anies-Ahok Kian Sulit Terwujud di Pilkada Jakarta 2024

2. Kelengkapan berkas sampai 12 Mei

KPU DKI Terima 3 Pendaftar Cagub DKI Perseorangan, Siapa Saja?Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Doddy berharap para bakal pasangan calon yang sudah berkonsultasi atau yang sudah meminta akses SILON segera melengkapi persyaratan. Atau bakal pasangan calon yang lain, yang berminat jadi cagub dan wagub provinsi DKI Jakarta bisa segera melengkapi berkas dukungannya.

"Dan kami menunggu sampai dengan batas akhir, yaitu hari Minggu 12 Mei pukul 23.59," imbuhnya.

3. KPU DKI sediakan help desk

KPU DKI Terima 3 Pendaftar Cagub DKI Perseorangan, Siapa Saja?KPU DKI sediakan helpdesk pendaftaran cagub/cawagub/ IDN Times Dini Suciatiningrum

Doddy mengatakan pihaknya akan memfasilitasi bakal cagub dan cawagub perseorangan apabila menemukan kendala teknis seperti penginputan data. 

"Kami memfasilitasi dengan tim pelayanan helpdesk baik dari sisi IT maupun dari sisi dokumen persyaratan yang diperlakukan, kami sudah fasilitasi," katanya.

Baca Juga: PAN Ingin Terus Koalisi dengan Gerinda di Pilkada Serentak 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya