Lonjakan Arus Balik Mudik di Terminal Grogol Diprediksi Nanti Malam

Puncak arus balik diprediksi 25 April

Jakarta, IDN Times - Kepala Terminal Bus Grogol, Bona Siregar mengatakan, sampai hari ke ini situasi arus balik di terminal tersebut masih landai. Pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran terjadi pada 24-25 April 2023.

"Sampai saat ini untuk arus balik di Terminal bus Grogol masih landai. Kami prediksi akan ada lonjakan mulai sore dan malam nanti," ujarnya dikonfirmasi, Senin (24/4/2023).

1. Sebanyak 4.387 penumpang berangkat dari Grogol

Lonjakan Arus Balik Mudik di Terminal Grogol Diprediksi Nanti MalamDok. Jasa Marga

Dia mengungkapkan sebelumnya sebanyak 4.387 penumpang tercatat diberangkatkan dari terminal bus Grogol, Jalan Kyai Tapa, Jakarta Barat, sejak 14 hingga 22 April 2022.

"Ini merupakan terminal bantuan untuk angkutan penumpang Lebaran," katanya.

 

 

Baca Juga: Polri: Kecelakaan Mudik Lebaran 2023 Turun 65 Persen

2. Peningkatan penumpang mudik dari Grogol terjadi pada 19 April

Lonjakan Arus Balik Mudik di Terminal Grogol Diprediksi Nanti MalamIDN TImes/Reza Iqbal

Bona menerangkan ribuan penumpang tersebut diberangkatkan dengan 753 armada ke beberapa kota di lintas Jawa seperti Kebumen, Semarang, Purwodadi, Purwokerto, Pemalang, Wonosobo, Surabaya dan lain sebagainya.

"Peningkatan jumlah penumpang terjadi pada 19 April sebanyak 1.017 orang yang diangkut dengan 116 armada" katanya.

 

3. Puncak arus balik terjadi pada 25 April

Lonjakan Arus Balik Mudik di Terminal Grogol Diprediksi Nanti MalamArus balik Lebaran 2022 di Tol Trans Sumatra. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Sebelumnya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memprediksi akan ada 203 ribu kendaraan pada puncak arus balik di 24 dan 25 April.

"PT Jasa Marga memprediksi ada 203 ribu kendaraan yang melakukan melakukan perjalanan pada tanggal 24 dan 25 April 2003 menuju Jakarta dan sekitarnya," ujar Muhadjir dalam konferensi pers virtual, Minggu (23/4/2023).

Muhadjir mengimbau bagi masyarakat yang tidak terdesak untuk kembali ke Jakarta agar menunda perjalanan untuk menghindari puncak arus balik pada 24 dan 25 April.

"Untuk itu perlu disosialisasikan secara masif agar masyarakat terutama yang tidak terburu urusannya, tidak perlu mendesak kembali, bisa menunda jadwal kembali ke Jakarta yaitu pada 26 sampai 30 April" imbau Muhadjir

Baca Juga: Volume Kendaraan Arah Puncak dan Bandung Melonjak di H+2 Lebaran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya