Masjid Istiqlal Sediakan Parkir 24 Jam untuk Jemaat Gereja Katedral

Kapasitas parkir sampai seribu kendaraan

Jakarta, IDN Times - Masjid Istiqlal menyediakan tempat parkir bagi para jemaat yang mengikuti ibadah misa Natal di Gereja Katedral di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kepala bagian (Kabag) Umum dan Humas Masjid Istiqlal Ismail Chawidu mengatakan, pihaknya selalu menyediakan kantong parkir di Masjid Istiqlal apabila ada acara besar yang digelar oleh Gereja Katedral.

"Setiap acara-acara besar yang dilaksanakan di Katedral, Masjid Istiqlal menyiapkan parkir di lantai basement I dan II," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Senin (25/12/2023).

Baca Juga: Ini Pesan Misa Natal di Gereja Katedral 25 Desember 2023

1. Kapasitas parkir sampai seribu kendaraan

Masjid Istiqlal Sediakan Parkir 24 Jam untuk Jemaat Gereja Katedralilustrasi parkir (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Ismail mengatakan, tempat parkir di Masjid Istiqlal buka selama 24 jam. Selain itu, pihaknya juga menambah 16 petugas dari hari biasanya yang hanya 6 petugas.

"Jadi total ada 21 sekuriti, dan lahan parkir di dua lantai basement ini bisa menampung 800 sampai 1.000 kendaraan baik roda dua atau empat," katanya.

2. Gereja Katedral gelar misa Natal

Masjid Istiqlal Sediakan Parkir 24 Jam untuk Jemaat Gereja KatedralKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) dan Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023) (Dok. Humas Polri)

Diketahui Gereja Katedral di Jakarta Pusat menggelar Misa Natal pada Senin (25/12/2023) pagi. Misa pada pagi ini dimulai pukul 08.30 WIB dan dipimpin oleh Uskup Ignatius Kardinal Suharyo dan Kuria KAJ.

Natal tahun ini mengangkat tema Kemuliaan Allah dan Damai Sejahtera di Bumi. Hal itu seperti disampaikan oleh Uskup Ignatius Kardinal Suharyo.

"Sudah sejak lebih dari 40 tahun lalu tiap tahun Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia dan Wali-Wali Gereja Indonesia mengeluarkan pesan Natal bersama dan tema tahun ini adalah Kemuliaan Allah dan Damai Sejahtera di Bumi," kata Uskup Ignatius Kardinal Suharyo.

"Semoga tema Natal tahun ini mendorong kita terus bertanya apa yang kita lakukan untuk bisa bertumbuh seperti Yesus yang memancarkan cahaya kemuliaan Allah," sambung Suharyo.

3. Tiga ribuan jemaat ikuti misa Natal di Katedral

Masjid Istiqlal Sediakan Parkir 24 Jam untuk Jemaat Gereja KatedralMisa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Senin (25/12/2023)

Sebagai informasi, kapasitas gereja untuk ibadah misa Natal sebanyak 800 kursi di dalam Gereja Katedral. Kemudian di area luar, yaitu Plaza Maria dan Gua Maria sebanyak 550 kursi, tenda 1.536 kursi, Grha Pemuda lantai dasar 286 kursi. 

Dengan begitu, secara keseluruhan kapasitas misa Natal di Gereja Katedral tahun ini sebanyak kurang lebih 3.172 kursi. Selain itu, panitia juga menyediakan kursi cadangan yang membuat kapasitas total Gereja Katedral mencapai 3.500 kursi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya