Menkes: 72 Negara Sudah Terserang Omicron, Denmark-Inggris Tertinggi

Pemerintah perketat pintu masuk jalur internasional

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, penyebaran varian COVID-19 Omicron sudah berada di 72 negara, yang pada minggu lalu hanya 45 negara. Budi mengatakan ada dua negara yang menjadi penyumbang kasus Omicron terbanyak.

"Kalau dibandingkan minggu lalu ada kenaikan 941 kasus menjadi 7.900. Kasus terbanyak bukan di Afrika, tetapi di Denmark dan Inggris yang naik sekitar 5 ribu dalam seminggu," ujar Menkes dalam konferensi pers, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/12/2021).

Baca Juga: Omicron Tingkatkan Kasus COVID-19 di Inggris, Vaksinasi Tak Efektif

1. Pemerintah RI perketat pintu masuk jalur internasional

Menkes: 72 Negara Sudah Terserang Omicron, Denmark-Inggris TertinggiDok. Angkasa Pura II

Melihat kondisi tersebut, lanjut Budi, pemerintah semakin memperketat pintu masuk jalur internasional. Dia mengatakan dalam dua minggu terakhir terdapat 33 ribu penumpang dari luar negeri yang masuk jalur udara di Bandara Udara Soekarno Hatta.

"(Ada) 33 ribu itu kita PCR, ada sebanyak 98 orang yang positif dan genome sequencing semuanya hasilnya masih Delta," ujar dia.

2. Sebanyak 90 penumpang dari luar negeri positif terdeteksi varian Delta

Menkes: 72 Negara Sudah Terserang Omicron, Denmark-Inggris Tertinggiilustrasi virus corona (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, sebanyak 35 ribu penumpang dari luar negeri melalui jalur laut di Pelabuhan Batam, dan sebanyak 53 orang di antaranya positif COVID-19. Sedangkan, sebanyak 2 ribu penumpang luar negeri datang lewat jalur darat di Entikong, Kalimantan Barat, dan sebanyak 37 di antaranya positif terinfeksi virus corona.

"Berdasarkan pemeriksaan genome sequencing semuanya hasilnya masih Delta," kata Menkes Budi.

Baca Juga: Luhut Tegaskan Varian Omicron Belum Ditemukan di RI hingga saat Ini

3. Pemerintah kejar vaksinasi 40 persen hingga akhir 2021

Menkes: 72 Negara Sudah Terserang Omicron, Denmark-Inggris TertinggiIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Budi menambahkan selain pengetatan pintu masuk jalur internasional, pemerintah juga akan mengejar capaian vaksinasi COVID-19. Menkes melaporkan vaksinasi di Tanah Air sudah mencapai 250 juta suntikan dan 103 juta orang sudah vaksinasi dosis kedua atau 38 persen dari jumlah penduduk.

"Jadi kalau target WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) 40 persen jumlah penduduk. Insyaallah sebelum Natal sudah bisa tercapai," ujar Menkes.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya