Mensos Risma Jadi Trending Topic gegara Paksa Pria Tunarungu Bicara  

Risma ingin tuna rungu tidak menyerah

Jakarta, IDN Times - Nama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menjadi trending topic di media sosial Twitter, setelah aksinya yang memaksa pemuda tunarungu untuk berbicara. Aksi Risma yang mengundang kritik berbagai pihak itu terjadi saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021viral di media sosial.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Kamis (2/12/2021) malam, tagar #BuRisma bergaung di media sosial Twitter dengan 7 ribu tweet. Sebagian besar warganet menilai apa yang dilakukan Risma menodai Hari Disabilitas Internasional pada Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Viral, Mensos Risma Paksa Pria Tuli Bicara Tuai Hujatan

1. Risma meminta pemuda tuli berbicara

Mensos Risma Jadi Trending Topic gegara Paksa Pria Tunarungu Bicara  Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memaksa penyandang tunarungu untuk bicara saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021, Rabu (1/12/2021). (youtube.com/Kemensos RI)

Peristiwa tersebut bermula saat Risma menerangkan sebuah lukisan pohon yang dibuat anak-anak penyandang disabilitas. Risma meminta pemuda tuna rungu yang berada disampingnya untuk menjelaskan apa yang ada dalam pikirannya tentang lukisan tersebut.

"Aldi ini pohon kehidupan ibu lukis sedikit, tadi dilanjutkan temanmu jadi pohon kehidupan. Kamu punya apa di dalam pikiranmu, kamu harus sampaikan ke Ibu, kamu sekarang ibu minta bicara, ndak pakai alat kamu bicara," ujar Risma sambil menyodorkan microphone depan pria tersebut dilansir Youtube Kemensos

Baca Juga: Komunitas Tuna Rungu Kritik Mensos Risma yang Paksa Pria Tuli Bicara  

2. Risma paksa pemuda tersebut bicara

Mensos Risma Jadi Trending Topic gegara Paksa Pria Tunarungu Bicara  Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 pada Rabu (1/12/2021). (dok. Kemensos)

Pemuda tersebut tidak bereaksi namun Risma terus memaksa untuk bicara. Pemuda tersebut kemudian mencoba menulis tetapi dilarang oleh Mantan Walikota Surabaya tersebut.

"Kamu bisa kamu bicara Aldi, kamu bisa bicara sayang, menulis ndak-ndak pakai tulis sayang, kamu bisa bicara," ujar Risma.

Pemuda tersebut kemudian berusaha mengeluarkan suara di balik masker namun tidak begitu jelas.

Baca Juga: Mensos Risma Paksa Pria Tuli Bicara, Alasannya Bikin Greget

3. Komunitas tuna rungu kritik aksis Risma

Mensos Risma Jadi Trending Topic gegara Paksa Pria Tunarungu Bicara  Perwakilan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Stefanus mengkritik aksi Mensos Risma saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021, Rabu (1/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Beberapa menit kemudian, seorang pemuda yang merupakan Perwakilan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Stefanus meminta waktu untuk berbicara.

"Ibu mohon maaf saya ingin bicara dengan ibu, bahwa anak tuli itu memang memakai alat pendengar, tetapi tidak untuk dipaksa bicara. Saya kaget saat ibu memberikan pernyataan, mohon maaf saya salah," ujar Stefanus yang juga berdiri di depan panggung.

4. Memaksimalkan pemberian Tuhan

Mensos Risma Jadi Trending Topic gegara Paksa Pria Tunarungu Bicara  Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 pada Rabu (1/12/2021). (dok. Kemensos)

Risma kemudian menjelaskan bahwa dia tidak melarang atau mengurangi penggunaan bahasa isyarat, namun Risma hanya ingin apa yang sudah diberikan tuhan agar dimaksimalkan.

"Jadi Stefan, ibu tidak mengurangi bahasa isyarat, tetapi Stefan Tuhan berikan mulut, telinga, mata kepada kita, yang ingin ibu ajarkan pada kalian terutama anak-anak yang menggunakan alat bantu dengar sebetulnya tidak mesti dia bisu," terangnya.

"Jadi mengapa ibu paksa kalian (bicara) ibu paksa memang, agar supaya memaksimalkan pemberian Tuhan kepada kita, mulut, mata dan telinga," imbuh Risma.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya