Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Sudah Tuntaskan 171 Ribu Visa Haji

Arab Saudi jamin layanan yang baik untuk jemaah haji

Jakarta, IDN Times - Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammed Alrabiah mengatakan pihaknya telah menuntaskan 171 ribu visa jamaah haji Indonesia atau 70 persen dari total kuota jamaah haji Indonesia 2024 capai 241 ribu orang.  

"Kami telah menyelesaikan 171 ribu visa jamaah haji, kira-kira 70 persen dari seluruh jumlah jamaah haji Indonesia dan mudah-mudahan sisa dari jumlah itu akan selesai dalam satu pekan ke depan," katanya usai menemui Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/4/2024). 

1. Jaminan layanan haji lebih baik

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Sudah Tuntaskan 171 Ribu Visa HajiMenteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammed Alrabiah menemui Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (30/04/2024). (dok. Setwapres)

Tawfiq mengatakan pihaknya menemui Wapres didampingi sejumlah delegasi di berbagai sektor pemerintahan Arab Saudi, salah satunya penerbangan.

"Kali ini bersama dengan delegasi yang sangat besar dari berbagai sektor pemerintahan yang terlibat bahkan termasuk juga dengan sektor-sektor yang lain untuk menjamin pelayanan jemaah haji yang lebih baik bagi jemaah haji Indonesia," katanya.

Baca Juga: Haji 2024, Saudi Tambah Jumlah Penerbangan Langsung dari Indonesia

2. Bahas penambahan kuota haji

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Sudah Tuntaskan 171 Ribu Visa HajiMenteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammed Alrabiah di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (30/04/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Juru Bicara (Jubir) Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, pertemuan tersebut membahas penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M, termasuk terkait tambahan kuota jemaah haji untuk Indonesia. 

“Saya kira momen yang sangat penting karena pemerintah Indonesia secara resmi akan menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kebijakan Arab Saudi, terutama dari Menteri Haji dan Umrah yang sudah memberikan kuota secara khusus yang jumlahnya mencapai 20 ribu jemaah haji tambahan, dan jumlah itu sudah diambil sebuah kebijakan oleh pemerintah Indonesia,” ungkap Masduki.

3. Antrean jemaah haji jadi masalah

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Sudah Tuntaskan 171 Ribu Visa HajiMenteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Fawzan Muhammed Alrabiah di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (30/04/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Lebih lanjut, Masduki menyampaikan Wapres selama ini berharap pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah akan terus memberikan kuota jemaah haji tambahan untuk Indonesia secara kontinyu setiap tahun. 

“Karena memang sampai saat ini pemerintah Indonesia punya problema jumlah jemaah haji yang menunggu terlalu banyak," katanya. 

Baca Juga: Arab Saudi Siapkan Sanksi Tegas Jemaah Haji Tak Pakai Visa Resmi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya